charing cross bridge

Kalo bisa nemuin, lo langsung kaya raya.

Pencurian emang jadi masalah yang dari dulu sampai sekarang belom bisa diatasi. Kayaknya selagi ada manusia yang hidup di Bumi, pencurian tetap bakal terjadi deh. Nah, ngomongin soal pencurian, P! jadi pengen ngebahas soal karya seni berharga yang hilang dicuri. Udah puluhan tahun, tetap aja karya seni yang berikut ini nggak bisa di temuin dan masih jadi misteri.

1. “View of the Sea at Scheveningen” dan “Congregation Leaving the Reformed Church in Nuenen” – Van Gogh

view of the sea at scheveningen

Van Gogh

Nasih apes menimpa karya seniman kenamaan dunia, Van Gogh. Dua karyanya hilang pada tahun 2002. Kalo dihitung, nilai kedua lukisan itu bisa mencapai 39 juta dolar AS. Museum Van Gogh di Amsterdam menawarkan hadiah sebesar 129 ribu dolar AS buat orang yang bisa menemukannya.

2. 8 Fabergé Eggs

aberge egg

Ini adalah karya seni yang udah jadi milik Czars Alexander III dan Nicholas II. Pada tahun 1918, istanan milik Czars dirampok. Delapan telur itu akhirnya terpisah dan hilang sampai sekarang. Oya, masing-masing telur itu nilainya mencapai 1 juta dolar AS.

3. Charing Cross Bridge, London – Monet

charing cross bridge

Karya ini dicuri pada Oktober 2012. Salah satu orang yang diduga sebagai pencurinya mengaku kalo dia membakar lukisan itu dikompor. Akan tetapi nggak ada bukti kuat buat ngebuktiin omongannya. Sampai saat ini, lukisan ini masih masuk daftar lukisan yang hilang.

4. The Storm of the Sea of Galilee – Rembrandt

the storm of the sea of galilee

Ini adalah satu-satunya lukisan Remrandt yang menggambarkan laut. Lukisan ini dicuri pada tahun 1990. Pada tahun 2013, FBI mengaku udah punya identitas pencurinya. Akan tetapi lukisan ini tetap hilang. Orang yang bisa menemukan atau ngasih info tentang keberadaan lukisan ini akan dapat hadiah 5 juta dolar AS.

5. The Concert – Johannes Vermeer

the concert

Lukisan ini dicuri bersamaan dengan lukisan milik Rembrandt. Lukisan yang satu ini punya nilai 200 juta dolar AS.

Komentar