microscopic cover

Yang bikin pasti penyabar banget nih.

Ide-ide cemarlang dari orang di berbagai penjuru dunia ini emang nggak bisa ditebak. Kali ini ada orang-orang yang berkreasi bikin aneka benda microscopic nih. Orang-orang ini pasti sabar dan telaten banget. Soalnya karya mereka bener-bener kecil dan nggak bisa dibikin dengan cara yang biasa aja. Kalo mau ngeliat detailnya, bener-bener harus pakai kaca pembesar nih.

1. Boneka salju

microscopic snowman

Tahun 2009 silam, beberapa ilmuwan berhasil bikin boneka salju paling kecil di dunia. Lebarnya cuma sekitar lima helai rambut manusia. Gilee banget nggak sih ini? Boneka salju ini dibikin dari peralatan yang udah didesain khusus.

2. Patung terkecil

microscopic sculpture

Kali ini ada patung paling kecil di dunia karya Jonty Hurwitz.Saking kecilnya, patung ini bisa ditaruh di satu helai rambut manusia. Gedenya cuma kayak kepala semut. Kebayang dong? Sayangnya, patung yang dibikin tahun 2015 ini rusak saat pemotretan. Huffttt...syedih yah??

3. Injil terkecil

microscopic bible

Pastinya kitab suci ini nggak bisa dibaca karena mungil banget. Injil nano ini ditulis di atas lembar silikon super tipis yang dilapisi emas. Saat ini Nano Bible ini dipajang di sebuah museum di Israel.

4. Mobil balap terkecil

microscopic race car

Mobil ini lebarnya cuma 100 mikrometer. Mobil ini dibuat oleh peneliti di Vienna University of Technology pada tahun 2012. Mobil ini dibikin pakai nanoscale 3D printer. Mata lo harus bener-bener sehat banget kalo mau ngeliat mobil ini dengan jelas.

5. Surat paling kecil di dunia

microscopic postal

Lea Redmond adalah sosok di balik terciptanya surat berukuran microscopic ini. Banyak orang yang tertarik buat memanfaatkan jasa yang ditawarkan oleh Lea. Dia menuliskan surat di kertas yang sangat amat kecil. Lalu kertas itu dimasukin ke amplop yang ukurannya juga mini banget.

6. Miniatur kereta

microscopic train

Miniatur yang satu ini adalah karya dari David Smith. Ukurannya 32 ribu kali lebih kecil dari ukuran kereta yang sebenarnya. Satu set kereta ini dilengkapi dengan rel dan terowongan juga loh.

Komentar