painting

Cukup akurat nih gambarannya.

Nggak cuma cuaca dan pertandingan sepak bola aja nih yang ada prediksinya, ternyata kehidupan masyarakat di suata masa juga ada prediksinya loh. Ada yang memprediksi lewat tulisan, ada juga yang bikin gambaran lewat lukisan. Yang bakal kita bahas kali ini adalah yang menggunakan media lukisan.

Ada series lukisan yang berjudul "France in the Year 2000". Series ini dibuat oleh beberapa seniman asal Perancis pada tahun 1900-an. Awalnya lukisan ini dicetak dalam bungkus rokok untuk acara Paris World Fair tahun 1900. Nggak lama setelah itu gambar-gambar yang mengangkat soal prediksi kehidupan 100 tahun kemudian ini jadi kartu pos. Pengen ngeliat gimana sih gambaran yang dibayangkan oleh orang di tahun 1900 soal kehidupan tahun 2000? Ini nih gambarnya.

1. At School

Ini adalah lukisan yang menggambarkan soal kondisi ruang kelas. Cukup akurat yah? Ini mirip sama lab bahasa saat lo masih SD atau SMP dulu. Ya nggak?

2. Electric Scrubbing

Ada juga gambaran soal alat pembersih ruangan yang udah pakai listrik. Orang nggak perlu susah-susah ngepel atau nyapu secara manual.

3. A Very Busy Farmer

Yang satu ini adalah gambaran soal petani yang udah menemukan teknologi canggih di tahun 2000. Semua bisa dikerjakan pakai mesin.

4. A New-Fangled Barber

Wuihhh, ini adalah gambaran tentang tempat potong rambut. Ternyata orang zaman dulu memprediksi potong rambut bisa dilakukan pakai mesin. Nggak harus digunting secara manual.

5. A Tailor of the Latest Fashion

Dilihat dari judulnya aja pasti lo udah tahu ini gambaran soal apa. Yippii, ini adalah gambaran soal tukang jahit.

6. Aero-Cab Station

Ada juga prediksi bahwa bakal ada polisi yang patroli pakai pesawat.

7. The Rural Postman

Orang di zaman dulu juga membayangkan bahwa di tahun 2000 tukang pos bakal nganterin surat dari rumah ke rumah dengan naik pesawat. Andai ini jadi nyata, pasti seru deh.

Sumber: EMGN

Komentar