1600

Kamu Mesti Kudu Wajib Dateng!

Temen-temen peserta workshop fotografi jurnalistik angkatan 19 di Galeri Fotografi Jurnalistik Antara menggelar pameran tugas akhir mereka. Pameran yang diberi judul "Unfinished" ini berlangsung di Galeri Antara, Pasar Baru, Jakarta dari tanggal 11 April-11 Mei 2014. 

Apa yang keren dari pameran ini? 

Pertama, di sana banyak banget foto-foto esai yang nggak cuma bagus dan sensasioanal tetapi juga menyentuh hati. Contohnya saja ada Dian Ardiahanni yang membuat foto esai tentang ibunya yang menderita penyakit jiwa skizofernia. Di salah satu fotonya, terlihat sosok ibunya yang sedang seperti sedang berbicara dengan bunga. Di foto lainnya, terlihat ibunya sedang melempar-lempar bantal di atas kasur. Tonal black and white dari foto bikin nuansa emosi kita jadi ikutan terbawa muram dan sedih. Apalagi caption-nya juga berisi curhatan si fotografernya. 

Permasalahan yang diangkat oleh para fotografer memang nggak cuma hal-hal yang lazimnya dianggap besar, tetapi juga hal-hal yang sering dianggap remeh tapi sebenarnya krusial. Contohnya aja foto esai bertajuk "Asu Metropolitan" garapan Antonius Subandrio yang memotret anjing-anjing liar yang ada di kota Jakarta. 

Beberapa foto esai lainnya bercerita tentang gaya pergaulan anak remaja jaman sekarang;fenomena banyaknya cewek yang nikah di usia sangat muda, dan cerita tentang tentara yang kaki harus diamputasi karena tertembak saat ia dalam tugas Operasi Militer Timor Timur. 

Yang asiknya lagi, para peserta workshopnya masih muda. Seumuran kita lah. Kebanyakan masih dan baru lulus kuliah. Kita bakal ngerasa deket deh, apalagi mereka juga sering nongkrong di galeri. Jadi, bisa sekalian kita ajak ngobrol saat mampir ke sana. Selain itu, kamu yang doyan fotografi pasti bakal termotivasi untuk bikin foto bercerita seperti meraka.

Workshop angkatan 19 ini berisi 32 peserta. 16 peserta dari Kelas Dasar dan 16 peserta dari Kelas Jurnalistik. Tentu, pameran ini nggak cuma menjadi ajang "wisuda" bagi para peserta, tetapi juga penyambutan akan dibukanya Workshop tahunan yang ke-20. Ada yang tertarik ikutan? Cek-cek Facebook Galeri Antara dan Twitternya untuk dapetin info lebih lanjutnya. Nantinya kalian bakal diajar oleh fotografer-fotografer kawakan yang keren punya. Seperti  Rully Kesuma yang sekarang jadi Redaktur Foto majalah Tempo, Mosista Pambudi yang sekarang juga jadi Redaktur Foto di sebuah surat kabar,  Arif Faturachman yang jago banget urusan proses pencucian film dan Oscar Motuloh, nama yang udah pasti kamu tahu. Tentu, seperti ke32 teman-teman peserta ini, kalian pun pasti bakal berpameran nantinya. Asik kan?! 

2 600px

O ya, seri foto Boneka Devisa ini juga menyentuh banget. Bercerita tentang para TKI yang sudah bekerja bertahun-tahun tapi sering disiksa. Pendekatan yang dilakukan si fotografer sangat personal. 

3 600

4 600px

5 600px

6 600px

Komentar