friendship

Tinggalkan yang toxic, cari yang baik.

Sebagai makhluk sosial, lo pasti punya teman. Nggak peduli jumlahnya deh. Ada yang punya banyak teman, ada yang cuma punya beberapa aja. Sebenernya nggak penting sih berapa jumlah teman yang lo punya saat ini karena yang penting adalah kualitas dengan pertemanan itu. Apakah itu lingkaran yang bagus buat lo atau justru malah toxic alias berancun? Lo harus bisa membedakan nih. Jangan sampai lo terjebak di lingkaran yang salah. Simak nih beberapa perbedaan yang paling mencolok.

#1 Hidup lo tentu aja nggak cuma sama dia aja dong. Lo pasti punya kehidupan lain di luar lingkaran lo sama dia. Nah, teman yang nggak baik tuh bakal cemburu dan nggak suka kalo lo punya teman lain selain dia. Beda sama teman yang emang tulus sama lo. Dia nggak akan marah atau ngasih komentar buruk soal pertemanan lo dengan orang lain.

friendship

#2 Nggak cuma pacar doang yang harus selalu saling ngabarin. Dalam pertemanan, komunikasi dan nanya kabar juga hal yang dibutuhkan. Kalo teman lo cuma datang ke lo saat butuh, berarti dia kurang cocok buat dijadikan teman. Jangan sampai lo cuma dimanfaatkan sama dia.

friendship

#3 Dalam pertemanan, kepercayaan adalah kunci. Teman yang baik bakal selalu percaya sama apa yang lo katakan bahkan mungkin saat orang lain nggak ada yang percaya sama lo. Beda lagi sama teman yang beracun. Dia selalu aja ragu dan nggak percaya sama ucapan lo. Hufffftttt.

friendship

#4 Namanya juga pertemanan, pasti bakal makin seru kalo ada adu argumen dan pendapat. Ya nggak? Ini bikin warna yang seru kecuali dia selalu ngeyel dan mau menang sendiri. Teman yang baik tuh suka bertukar ide, bukan keras kepala dan beranggapan dirinya yang paling bener. Aelaaah, emang lo siapa kok bener terus?

friendship

#5 Lo emang makhluk sosial, tapi lo juga merupakan seorang individu. Lo butuh waktu buat sendiri. Toxic friend nggak akan suka kayak begitu. Dia mau lo selalu menghabiskan waktu sama dia. Duuuh, emak eug aja kagak sebegitunya looh.

friendship

#6 Teman yang baik adalah teman yang bakal menerima lo apa adanya. Mereka tetep akan mendukung lo buat jadi diri lo sendiri. Sedangkan teman yang penuh racun adalah mereka yang selalu menuntut lo buat berubah. Mereka pengen lo jadi A, B, C, ampe Z kayak yang mereka inginkan. Mereka jadi ngontrol hidup lo banget.

friendship

#7 Yang terakhir ini paling penting. Teman yang beneran teman adalah mereka yang bakal ikut senang saat lo berhasil mendapatkan apa yang lo mau. Kalo teman lo malah iri, dengki, sampe pengen kirim santet ke lo, berarti dia bukanlah sosok teman yang baik. Mendingan kalian udahan aja.

friendship

Paham kan? Paham dong. Sekarang lo bisa mulai buat cek, cek ulang pertemanan yang lo punya. Mulai tinggalkan yang toxic dan pertahankan yang baik.

Ilustrasi: Freepik

Komentar