header self advocate

Semoga lo terinspirasi.

Tiap orang pasti pernah ngerasain putus asa sama hidupnya sendiri. Capek sama masalah yang datang silih berganti nggak pakai henti apalagi permisi. Mungkin saat ini lo lagi ada di posisi yang nggak enak ini. Lo pengen nyerah aja. Lo ngerasa nggak punya siapa-siapa dan nggak berguna. Uluh-uluh, jangan begitu. Percayalah saat lo lagi sial atau senang, berduka atau bersuka cita, lo selalu punya diri lo sendiri. Kalo lo ngerasa nggak ada yang peduli sama lo, maka lo harus peduli sama diri lo sendiri. Yaps, cintailah diri lo sendiri sepenuhnya seperti yang diajarkan oleh beberapa ilustrasi yang dibuat oleh Soolooka ini nih.

1. It's totally okay to do what you love.

self love 1

Yaps, lo nggak butuh izin dan persetujuan dari siapapun buat melakukan apa yang lo sukai. Jangan sampai lo membatasi dan menyiksa diri lo sendiri dengan menahan diri buat nggak ngelakuin hal yang bikin lo hepi.

2. Bilang "TIDAK" itu bukanlah sebuah kesalahan ataupun dosa besar.

self love 2

Nggak selamanya lo harus selalu bilang "IYA" dan menurut dengan apa kata orang. Lo juga punya hak buat bilang "TIDAK" saat lo emang nggak pengen dan nggak suka. Itu bukan kesalahan dan bukan dosa. Lakukan itu dengan percaya diri dan nggak usah ngerasa bersalah setelahnya.

3. You matter.

self love 3

Kata siapa lo nggak berarti? Salah!! Lo sangat amat berarti. Ide lo, keberadaan lo, kelemahan dan kelebihan lo, tawa lo, dan semua yang ada dalam diri lo berarti dan berharga. Untuk itu lakukan apapun yang bisa bikin lo bahagia karena bahagia lo juga berarti. Bukan cuma orang lain aja yang berhak bahagia.

4. Terima saran, lupakan komentar bodoh dari orang.

self love 4

Kalo ada yang ngasih saran yang membangun, terimalah dengan senang hati. Ini bisa bikin lo jadi orang yang lebih baik. Kalo ada yang ngasih komentar buruk, lupain aja. Jangan pernah mikirin itu. Buang-buang energi dan malah bikin diri lo sendiri susah aja.

5. Selalu berfikir positif.

self love 5

Ingatlah bahwa kita nggak mengontrol semua hal di dunia ini. Saat ada sesuatu yang terjadi di luar kontrol lo, jangan pernah nyalahin diri lo sendiri. Ambilah sisi baiknya.

6. Tambah rasa cinta untuk diri sendiri.

self love 6

Dari awal udah ditegaskan bukan bahwa lo harus mencintai diri lo sendiri. Tiap hari tambahlah kadarnya biar lo makin bisa menikmati hidup dan menerima diri lo sepenuhnya.

7. Jaga hati lo kayak lo menjaga hati orang yang lo cintai.

self love 7

Bukannya egois tapi mencintai diri sendiri juga sangat perlu. Lo harus bisa menjaganya, memaafkan, dan membahagiannya seperti yang selalu lo usahakan buat orang yang lo cintai.

8. Jadilah malaikat untuk diri lo sendiri.

self love 8

Hari ini mungkin lo ngerasa sedih, sial, sepi, dan nggak ada malaikat baik yang mau nolongin lo. Kalo begitu, lo bisa jadi malaikat buat diri lo sendiri. Tolonglah diri lo sendiri dan buatlah diri lo bahagia.

9. Belajarlah buat jaga diri.

self love 9

Menjaga diri sendiri bukanlah sebuah pilihan, ini adalah kewajiban. Ini bagian dari cara lo buat mencintai diri lo dan bagian buat bikin hidup lo bahagia.
Buat melihat karya Soolooka yang lainnya, lo bisa main ke akun Instagramnya dan boleh diikuti juga. Silahkan aja cari dan follow @sooloka di Instagram atau bisa klik di sini nih. 

Komentar