culture shock cover

Apakah benar?? Apakah benarrr??

Evangeline Neo yang belajar di Tokyo dari tahun 2010 hingga 2014, melihat banyak perbedaan budaya antara Jepang dan negaranya, Singapura sehingga untuk menghadapi culture shock ia mulai membuat komik tentang hal tersebut.

"Saya berharap komik saya akan membantu lebih banyak orang asing seperti saya memahami Jepang dan orang-orang Jepang dengan lebih baik, serta meningkatkan kesadaran tentang beberapa perubahan perilaku yang mungkin harus kita lakukan ketika kita berkunjung," katanya.

#1 Toilet yang bersih

culture shock 1

#2 Nggak ada service charge dan tips

culture shock 2

#3 Makin berisik makin enaaak

culture shock 3

#4 Station Master

culture shock 4

#5 Buang sampah

culture shock 5

#6 Kegiatan permandian

culture shock 6

#7 Mahalnyaaa

culture shock 7

#8 Vending Machine

culture shock 8

#9 Turun dari kereta

culture shock 9

#10 Selalu extra pedas

culture shock 10

Strip komik ini dipilih dari lebih dari 300 koleksi Evangeline Neo yang ia buat antara tahun 2012 dan 2015. Nggak cuma diposting di halaman Facebook-nya, ia juga menyusun ilustrasi ini menjadi dua buku: "Eva, Kopi and Matcha" dan "Eva, Kopi and Matcha 2.0" yang tersedia di Amazon dan platform eBook lainnya (Kindle, iBooks, Google Books, Kobo).

Eva adalah seorang warga Singapura yang beruntung yang telah memenangkan beasiswa untuk mengejar gelar Sarjana Seni Rupa (BFA) di San Francisco pada 2004 dan gelar Magister Administrasi Bisnis (MBA) di Tokyo pada 2010. Karya seminalinya "Eva, Kopi and Matcha" (2014) menggambarkan dan menyindir perbedaan budaya antara Singapura dan Jepang dan telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan Vietnam. Buku keduanya "Eva Goes Solo" (2016) mendokumentasikan pengalamannya beradaptasi dengan kehidupan di Jepang tempat dia tinggal selama beberapa tahun. Buku ketiganya "Eva, Kopi and Matcha 2.0" dirilis pada tahun 2017, memperluas perbandingan ke lebih banyak negara seperti AS, Malaysia, Vietnam dan Indonesia. Buku terbarunya "A Manga Lover's Tokyo Travel Guide" akan tersedia di toko buku di seluruh dunia pada tahun 2019.

art by Evangeline Neo

Komentar