Elsa

A whole new world.

Disney udah berhasil melahirkan banyak karakter ikonik yang melekat di hati sebagian besar orang di dunia. Dari sekian banyak karakter yang kita kenal, ada banyak pula budaya, ras, suku bangsa, dan latar belakang yang beda. Yaash, Disney nggak cuma selalu menunjukkan seorang princess yang berkulit putih tapi juga princess yang berkulit hitam. Hal ini tentu aja jadi hal yang bagus banget. Nah, lo pernah kebayang nggak kalo para Disney princess lahir dari keluarga, ras, dan budaya yang beda dari yang kita kenal selama ini? Seorang artist bernama TT Bret mencoba buat menggambarkan hal tersebut. Project ini disebut "Let There Be Doodles".

1. Elsa - Frozen

elsa

Elsa adalah salah satu karakter perempun di Disney yang sering dinilai sebagai seorang feminist.

2. Pocahontas - Pocahontas

Pocahontas

Sosok perempuan yang satu ini adalah anak dari kepala suku di wilayah Virginia.

3. Tiana

Tiana

Tiana merupakan tokoh yang pertama kali muncul di film The Princess and the Frog yang rilis pada tahun 2009 silam. Film ini mengambil seting tempat di New Orloean. Tiana adalah salah satu princess yang berkulit hitam.

4. Belle - Beauty and the Beast

belle

Karena kritik yang ditujukan kepada Disney di mana mereka sering menempatkan perempuan sebagai korban dan lemah, akhirnya Disney melakukan perubahan. Belle dibuat menjadi sosok yang lebih kuat dan mandiri hingga bisa jadi salah satu sosok yang berperan dalam women's right movement.

5. Aurora - Sleeping Beauty

aurora

Mana nih penggemar Aurora? Pasti banyak banget nih. Nah, kalo selama ini kita selalu melihat Aurora dengan rambut blonde-nya, kali ini Aurora jadi sosok yang beda.

6. Ariel - The Little Mermaid

ariel

Ini sebenernya nggak cuma bayangan aja sih. Disney baru aja mengumumkan bahwa mereka akan membuat live action The Little Mermaid. Ariel akan diperankan oleh aktris berkulit hitam, Halle Bailey. Kereeeen sih.

Hasil karya dari TT Bret itu ternyata mendapat sambutan hangat terutama dari mereka yang sangat menghargai perbedaan. Nggak peduli rasnya, pokoknya para princess itu tetep punya kekuatan, keren, dan layak jadi inspirasi. Betul???

Komentar