tutankhamunnKontroversial!

Baru-baru ini sebuah patung Mesir yang menyerupai Firaun Tutankhamun telah dijual dengan harga yang hampir mencapai US$6 juta di sebuah rumah lelang yang ada di London. Pelelangan itu tetap berlangsung meski pihak penyelenggara mendapatkan protes keras dari Kairo, Mesir.

Pihak Mesir menduga kalau artefak itu mungkin saja sudah dicuri dari Mesir. Menurut rumah lelang, patung yang berukuran 11 inci itu telah dijual oleh Christie's. Sedangkan identitas pembelinya sendiri tidak diungkapkan.

Pelelangan artefak ini menjadi pelelangan paling kontroversial saat ini di London. Karena pihak Mesir menuntuk pelelangan untuk dibatalkan dan menyerukan reaptriasi undang-undang.

tutankhamunVia CNN

Bulan Juni kemarin, Ministry of Aniquities Mesir menghimbau Christie's dan UNESCO untuk menghentikan penjualan itu. Pihak mesir meminta untuk melihat dokumen yang membuktikan asal patung Tutankhamun itu.

Tutankhamun sendiri diangkat menjadi Firaun pada umur sembilan tahun. Tutakhamun memerintah sampai ia meninggal di umur 19 tahun yaitu dari sekitar 1333 SM sampai sekitar 1323 SM.

Christie's juga mengatakan kalau patung itu tidak dan belum menjadi subjek investigasi. Christie juga menambahkan kalau Pemerintah Mesir sebelumnya nggak menyatakan keprihatinan tentang patung tersebut walaupun patung itu sebelumnya sudah menjadi terkenal dan selalu dipamerkan secara publik.

Komentar