lidice memorial 1Tersentuh oleh kejahatan kejam Nazi terhadap anak-anak

Perang Dunia II dikenal sebagai konflik paling mematikan dalam sejarah manusia. Di suatu tempat antara 50 hingga 85 juta orang kehilangan nyawa mereka karena perang tanpa tujuan dan tanpa memikirkan nasib orang lain yang didasarkan pada dua ideologi utopis. Salah satu tindakan paling kejam yang dilakukan oleh Nazi adalah memusnahkan desa Lidice yang terletak di wilayah bekas Cekoslowakia (sekarang di wilayah Republik Ceko).

Kembali pada tahun 1942, pada 10 Juni Nazi telah membunuh hampir semua penduduk di desa Lidice. Hal itu dilakukan sebagai pembalasan atas pembunuhan pejabat Nazi, Reinhard Heydrich, Reichsprotektor dari Protektorat Bohemia dan Moravia. Desa itu benar-benar hancur, laki-laki terbunuh, perempuan dan anak-anak dipisahkan dan dikirim ke kamp konsentrasi. Musim panas saat itu adalah yang terakhir bagi mereka.

lidice memorial 2

Setelah pembunuhan pejabat Nazi Reinhard Heydrich, (Reichsprotektor Protektorat Bohemia dan Moravia), Hitler segera memerintahkan pembunuhan massal di Cekoslowakia untuk membalas kematiannya. Dia juga menginginkan hukuman berat dilakukan terhadap desa mana pun yang telah menyembunyikan pembunuh itu. Nazi juga secara khusus menargetkan Lidice karena satu keluarga di desa itu memiliki seorang putra tentara Ceko di Inggris.

Marie Uchytilova-Kucova, sang pematung adalah seorang pemahat Ceko dan juga profesor pematung akademik yang lahir pada tahun 1924. Seniman ini sangat tersentuh oleh kejahatan kejam yang tak terbayangkan yang dilakukan di Lidice. Pada tahun 1969, Marie memutuskan untuk mengenang para korban dengan membuat monumen perunggu untuk semua nyawa muda yang hilang.

lidice memorial 4

Butuh dua dekade bagi Marie Uchytilova untuk membuat delapan puluh dua patung anak-anak yang semuanya dibuat berdasarkan manusia aslinya. Ketika sang seniman sedang mengerjakan karya seni, banyak orang mengunjungi atelier-nya, dan mereka kemudian mulai mengumpulkan uang untuk monumen itu. Pada bulan Maret 1989, Marie memamerkan tiga patung pertama dengan menggunakan tabungannya sendiri. Dan pada tahun yang sama, Marie tiba-tiba meninggal dan sebelum proyek itu selesai.

lidice memorial 3

Setelah kematian mendadak sang pematung, suaminya J.V. Hampl melanjutkan pekerjaan Marie. Pada tahun 1995, 30 anak perunggu akhirnya 'dikembalikan' ke tempat mereka di Lidice. Dari tahun 1996, lebih banyak patung dipasang, sedangkan yang terakhir dibuat pada tahun 2000. Saat ini, ada patung perunggu sebanyak 42 anak perempuan dan 40 anak laki-laki yang terbunuh pada tahun 1942 yang menghadap ke lembah.

Photo by Lidice Memorial, ExperienCZE Czech Republic

Komentar