littmann 1

Nggak cuma karya seni tapi kritik terhadap perubahan iklim yang terjadi

 

Kalo biasanya stadion bola berisikan manusia, baik itu pemain hingga supporter, stadion yang satu ini berisikan pepohonan. Yass hampir 300 pohon memenuhi Stadion Wörthersee di Austria. Perubahan ini dilakukan dengan sengaja sebagai instalasi seni yang monumental dari seniman Swiss, Klaus Littmann.

littmann 2

Littmann terinspirasi dari gambar yang berusia 30 tahun. Gambar tersebut merupakan karya dari seniman dan arsitek Austria, Max Peintner. Sketsa Peintner selesai pada 1971 ini menunjukkan stadion yang penuh sesak dengan penonton dan di tengahnya dipenuhi pepohonan.

littmann 3

Littmann pun merealisasikan gambar tersebut menjadi kenyataan. Ia bekerjasama dengan Enea Landscape Architects dalam mewujudkan "For Forest - The Unending Attraction of Nature".

littmann 4

Stadion Wörthersee, yang dapat menampung hingga 30.000 orang kini menjadi rumah bagi hutan besar Eropa yang dipenuhi dengan beragam spesies. Birch perak, alder, aspen, willow putih, hornbearn, field maple, hingga oak menjadi varietas yang ada di stadion tersebut.

Karya seni ini pun bisa diakses oleh umum. Pengunjung diizinkan masuk stadion secara gratis. Pada malam hari, instalasi ini berubah secara dramatis di bawah lampu sorot stadion.

littmann 5

littmann 6

Lewat instalasi ini, Littmann meminta kita untuk menghadapi kenyataan adanya penggundulan hutan, perubahan iklIm dan peran alam dalam kehidupan kita. Instalasi ini akan bertahan sampai dengan 27 Oktober 2019 mendatang.

 

 

foto: My Modern Met

Komentar