banksy

Lukisan kanvas yang dibuat pada 2009

 

Nama Banksy emang udah nggak asing buat para pecinta seni. Karyanya selalu mencuri perhatian yang nggak hanya memenuhi estetika semata tapi juga mengandung kritik yang memiliki banyak makna.

Nggak heran kalo banyak pecinta musik yang pengen punya karya seniman jalanan yang misterius ini. Karyanya masuk lelang seni pun dijual dengan harga yang nggak murah.

Tapi karyanya satu ini bisa jadi adalah karya Banksy yang paling mahal. Lukisan kanvas yang berjudul "Devolved Parliament" ini dirilis pada 2009. Karya ini menunjukkan House of Commons, nama parlemen di Inggris, yang diisi oleh monyet. Yas, karya ini dibuat bahkan sebelum adanya Brexit.

View this post on Instagram

A post shared by Banksy (@banksy) on

Bulan ini, lukisan tersebut ditampilkan di London tepatnya di rumah lelang Sotheby's. FYI, letak Sotheby's sekitar kurang satu mil dari House of Commons.

Alex Branczit, European head of contemporary art di Sotheby's, mengungkapkan bahwa Banksy adalah 'polemis satir masa kini. Ia juga mengungkapkan bahwa lukisan tersebut menangkap 'tingkat kekacauan politik yang belum pernah terjadi sebelumnya'.

Devolved Parliament merupakan karya kanvas Banksy yang terkenal dengan ukuran hampir empat meter (13 kaki). Karya ini diperkirakan akan dijual seharga £1,5 juta hingga £2 juta(US$1,87 juta hingga US$2,49 juta). Jika laku diharga tersebut, maka ini akan jadi karya termahal seniman jalanan ini. Dan menggeser karya "Keep It Spotless" dari Banksy yang terjual di harga £ 1,52 juta (US $ 1,89 juta).

BACA: 10 Orang yang Diduga Sebagai Banksy

Devolved Parliament akan dipamerkan pada 28 September 2019 dan penjualan akan berlangsung pada 3 Oktober 2019.

Komentar