banksy 1

Gross Domestic Product! 

 

Banksy baru saja meluncurkan karya terbarunya. Seniman jalanan ini membuka sebuah toko peralatan rumah tangga sendiri di London. Toko ini diberi nama "Gross Domestic Produc".

Toko Banksy ini dibuat di daerah Croydon, di Cruch Street. Eh tapi ini bukan toko biasa ya. Pasalnya toko ini meurpakan instalasti senim dari Banksy. Rencananya akan dibuat selama dua minggu saja.

Banksy mengatakan bahwa motivasi di balik proyek ini adalah "mungkin alasan paling puitis untuk pernah membuat karya seni." Perselisihan merek dagang. Hal ini terpaksa ia lakukan mengingat ia sendiri mengalami perselisihan hukum dengan sebuah perusahaan kartu ucapan.

Toko ini hanya bisa dilihat dari luar saja. Dari luar terlihat perapian dan wallpaper jacquard yang berasal dari karyanya "Walled Off Hotel". Kemudian juga ada rompi Union Jack tahan bacokan yang ia buat untuk Stormzy di Glastonbury Festival.

Dalam sebuah pernyatan, Banksy menuliskan "Perusahaan kartu ucapan sedang memperebutkan merek dagang yang saya pegang pada karya seni saya. Dan berusaha mengambil alih namaku supaya mereka bisa menjual barang dagangan Banksy palsu mereka secara legal."

Coba nih diintip Gross Domestic Product dari Banksy:

banksy 2

banksy 3

banksy 4

banksy 5

banksy 6

banksy 7

banksy 8

banksy 9

banksy 10



 

foto: Bored Panda

Komentar