seno gumira ajidarma

Diluncurkan pada Ubud Writers and Readers Festival 2019

 

Penerbit Gramedia Pustaka Utama resmi meluncurkan jilid ketiga seri Nagabumi karya Seno Gumira Ajidarma. Buku 1.136 halaman yang diberi judul Nagabumi III: Hidup dan Mati di Chang’an ini diluncurkan pada Kamis (24/10), pada perhelatan Ubud Writers and Readers Festival 2019.

Di buku ketiga, Seno kembali melanjutkan kisah Pendekar Tanpa Nama yang kali ini berkelana ke Chang’an ibukota Negara Atap Langit, memburu Harimau Tanpa Nama si pembunuh kekasihnya. Dalam perjalanan tersebut Pendekar Tanpa Nama terlibat dalam banyak peristiwa besar, intrik politik kerajaan hingga perebutan perempuan.

nagabumi

“Novel ini mengembalikan tradisi cerita silat yang lama tidak muncul dalam dunia sastra kita. Menggabungkan ilmu silat, kanuragan, sekaligus kisah para tokoh yang mengagumkan,” tutur Mirna Yulistianti, editor senior bidang sastra Gramedia Pustaka Utama.

“Novel panjang ini semula terbit sebagai cerita bersambung di dua media massa; Harian Umum Suara Merdeka, Semarang dari 7 Agustus 2009 sampai 2 Desember 2009, dengan judul Nagabumi; disambung di Harian Umum JawaPos, Surabaya dari 1 Juli 2014 sampai 3 Juli 2015 dengan judul Naga Jawa: Petualangan di Negeri Atap Langit,” tambahnya.

Terdapat jeda delapan tahun bagi para pembaca setia kisah Pendekar Tanpa Nama untuk bisa membaca buku ketiga ini. Dua buku sebelumnya, Nagabumi I: Jurus Tanpa Bentuk terbit tahun 2009, dan Nagabumi II: Buddha, Pedang, & Penyamun Terbang terbit 2011. Direncanakan seri cerita silat ini akan terbit sebagai pentalogi.

“Sudah banyak pembaca yang menanyakan kelanjutan Nagabumi di media sosial. Walaupun Februari lalu kami juga baru menerbitkan kumpulan cerita pendek terbaru SGA Transit: Urban Stories, tapi tampaknya kerinduannya memang spesifik kepada cerita silat. Semoga terbitnya Nagabumi III dapat menjadi  patron bagi perkembangan genre cerita silat di Indonesia,” ujar Mirna.

Selain Seno Gumira Ajidarma, beberapa penulis Gramedia Pustaka Utama juga hadir pada Ubud Writers & Readers Festival tahun ini untuk memperkenalkan karya terbarunya. Di antaranya adalah penyair novelis Laksmi Pamuntjak dengan novel terbarunya Fall Baby (Srikandi) yang akan diperkenalkan pada Sabtu (26/10). Ada juga chef Bara Pattiradjawane akan meluncurkan buku terbarunya berjudul 

Komentar