Lukisan karya Cimabue yang hilang

 

Lukisan berjudul "Christ Mocked" adalah lukisan karya pelukis legendaris asal Italia bernama Cimabue. Lukisan tersebut dibuat pada abad ketiga belas dan sempet hilang. Beberapa waktu lalu, lukisan tersebut ditemukan di dapur rumah seorang perempuan tua di Perancis Utara.

Lukisan tersebut pun dibawa ke pelelangan, dengan perkiraan akan terjual seenggaknya hingga €6 juta. "Ketika ada karya unik dan langka karya seniman seperti Cimabue muncul di pasar, kamu harus siap dengan kejutan," tutur Dominique Le Coent, sang juru lelang.

Penjelasan Dominique pun terbukti benar. "Christ Mocked" menembus angka €24 juta atau sekitar Rp380 miliar, mencetak rekor dunia sebagai lukisan abd pertengahan dengan nilai tertinggi sepanjang sejarah.

Para ahli meyakini bahwa lukisan tersebut merupakan bagian dari diptych, lukisan dengan sisi ganda yang terhubung dengan engsel. Selain "Christ Mocked," diptych tersebut juga melibatkan "The Virgin and Child with Two Angels" yang berada di National Gallery di London dan "The Flagellation of Christ" di Frick Collection di New York.

Komentar