stock photo 97026685

Teknik Panning beda sama teknik Freezing

Panning adalah salah satu teknik fotografi yang digunakan untuk membekukan gerakan pada benda yang bergerak namun ini bukan teknik Freezing. Cara melakukan Panning adalah dengan menggerakkan kamera searah dengan arah gerakan obyek yang ingin dibidik sehingga obyek akan tampak fokus,sementara background akan tampak blur. Cara membuat foto Panning dapat dibilang cukup mudah. teknik Panning sering dipakai untuk pengambilan foto Sport atau foto News agar menambah daya tarik terhadap foto itu sendiri.

Dalam membuat foto Panning ada beberapa langkah yang harus dikuasai :

Pertama

Carilah lokasi yang mempunyai warna cerah dan kontras dengan obyek,background dengan warna yang cerah membuat foto akan lebih menarik dilihat.

Kedua

Kuasi Three Angle Exposure dan mode dalam kamera,hal ini dapat membuat lebih gampang dalam praktiknya. Dalam membuat foto Panning bisa menggunakan mode S atau Shutter Priority. Kecepatan obyek foto menjadi bahan perhitungan yang cukup penting dalam membuat foto Panning itu sendiri, kecepatan sepeda dan kereta api tentutnya beda. Maka Shutter dalam hal ini adalah sebagai kunci.

Ketiga

Ikuti arah obyek dan tidak boleh berlawanan (arah kamera dari kiri kekanan atau sebaliknya) diikuti dengan gerakan tubuh,tekan tombol Shutter setengah sejak dari arah kiri dan tekan full jika dirasa posisi obyek sudah pas dalam bidikan.

Kemapat

Coba lagi dan lagi jika hasil dirasa kurang maksimal.

Foto:"run" by Kim Keun Bong on 500px.com

Komentar