13791743 f1024

Butuh kesabaran ekstra buat belajar teknik yang satu ini

Teknik Bulb/Bulbing ialah salah satu teknik fotografi yang menampakan hasil foto dari cahaya. Hal itu berarti bahwa kita bisa menggambarkan suatu obyek dengan cahaya itu sendiri. Nantinya, teknik Bulb fotografi ini akan menghasilkan sebuah garis atau gambar yang terbentuk dari sumber cahaya yang digunakan. Jika didefinisikan, Bulb berarti pengaturan kecepatan rana pada kamera yang disesuaikan dan memungkinkan untuk waktu yang cukup lama.

Kecepatan rana akan diatur selambat mungkin, dan lama pemaparan rana ini nantinya akan langsung dikendalikan oleh fotografer untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Karena kecepatan rana diatur lambat, maka pergerakan cahaya akan dapat ditangkap oleh kamera dan membentuk sebuah garis atau gambar. teknik Bulb Fotografi sudah banyak dikembangkan, sumber cahayanya pun sangat beragam, mulai dari yang natural seperti lampu mobil di jalan, sampai sumber cahaya yang memang dibentuk dengan sengaja.

Untuk membuat foto dengan teknik ini, perlu diperhatikan agar kamera tidak bergetar sedikit pun (Shaking). Hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan tripod. Getaran yang muncul dari tangan dapat menyebabkan gambar menjadi kabur atau blur. Teknik ini juga akan lebih maksimal jika dilakukan dalam keadaan gelap atau minim cahaya di dalam ruangan dan pada malam hari, sehingga cahaya yang diambil bisa terlihat jelas tanpa ada Noise dari sumber cahaya yang lain.

Nah, disini saya akan ngasih tips dan trik memotret Bulb tanpa menggunakan tripod.

Langkah pertama

Kalian harus memahami Three Angle Exposure. Sebab jika belum memahami Three Angle Exposure maka akan sedikit kebingungan dalam praktiknya.

Langkah kedua

Pemilihan lokasi juga menjadi hal yang penting. Carilah lokasi /jalanan yang lurus yang dilalui kendaraan dengan cepat, hal ini berpengaruh terhadap hasil atau garis cahaya yang dihasilkan.

Langkah ketiga

Cari lokasi yang pas untuk meletakan kamera misalnya seperti Halte Bus dan Trotoar jalan. Beri alas agar kamera tidak kotor dan lecet.

Langkah keempat

Perhatikan arah datangnya objek cahaya jika akan membuat foto Bulb dengan memanfaatkan cahaya kendaraan. Usahakan arah kamera, sama dengan arah datangnya cahaya kendaraan yang datang,jika sebaliknya akan menghasilkan Flare cahaya yang kurang bagus.

Langkah kelima

Gunakan Shutter Release agar kamera tetap dalam keadaan diam. Jika tidak ada, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan Setting Timer yang cukup lama.

Langkah keenam

Eksekusi langsung jika hasil dirasa kurang baik, coba lagi dan lagi dengan mengatur komposisi Three Angle Exposure.

hdkbcgmh

Foto: Chritopher Morris & Pixelstick

Komentar