00

Ketika bahan bekas, gunting, dan lem bersatu menjadi karya baru.

 

Tanpa latar belakang seni sama sekali, Ika Vantiani memutuskan untuk masuk ke dunia art and craft. Berawal dari coba-coba sampai akhirnya dia dikenal sebagai salah satu seniman dengan medium kolase, baik di dalam ataupun luar negeri. Belakangan, Ika juga aktif mengisi beberapa creative workshop dan telah menjadi kurator beberapa pameran di Jakarta.

Ika biasa menggunakan kertas daur ulang, kertas lama, foto-foto lama, ataupun elemen vintage dalam setiap karya yang dibuatnya. Ia juga memiliki ciri yakni menggunakan rain drops pada setiap kolasenya.

Awal tahun 2000-an, Ika menggunakan teknik kolase, gunting dan tempel menggunakan lem, untuk membuat zine pribadinya. Ika yang tidak bisa mendesain dengan komputer memilih teknik ini untuk menyebarkan idenya lewat zine.

1

Atas nama penasaran, Ika terus mencoba teknik gunting dan tempel ini dengan berbagai medium, salah satunya kain flannel. Ika pun membuat bros flannel yang berbentuk bunga. Obsesinya membentuk kelopak bunga yang sempurna membawa rain drops kini menjadi ciri karyanya.

22

Buat yang belum tau, kolase merupakan teknik yang memadukan berbagai jenis bahan untuk menjadi karya baru. Secara manual menggunakan teknik gunting dan tempel.

“Semua orang bisa buat dan nggak perlu bahan khusus. Dan gue jauh lebih seneng ketika semua orang bisa bikin kolasenya sendiri, toh tiap orang hasilnya beda. Bahkan gue nggak bisa bikin lebih dari satu kolase yang sama,” ujarnya.

4

Art and craft bagi Ika adalah “rumah” yang selama ini dicarinya. Sebelum memutuskan untuk terjun di dunia art and craft, lulusan London School of Public Relation, ini sempat bekerja sebagai PR selama setahun dan 13 tahun di bidang advertising.

Art and craft itu kayak long lost home buat gue. Seneng sih akhirnya bisa menemukannya sekarang. Kadang tuh gue berharap bisa menemukan ini semua 15 atau 25 tahun yang lalu. Tapi tiap orang punya prosesnya sendiri. Apa yang sudah gue kerjakan sebelumnya, bikin gue sadar kalau ada banyak hal dalam art and craft yang perlu dikomunikasikan ke publik,” ujarnya.

Let’s Create Goodness adalah campaign dari brand Exsport di tahun 2016 ini. Salah satu misinya adalah, membangkitkan kreativitas dan keseruan lewat dunia craft. Mari berkarya dan sebarkan kebaikan ke sekitar kita.

Mau tau lebih lanjut tentang dunia kriya dan karya dari Ika Vantiani? Simak video di bawah ini:

Nah, buat kalian yang suka crafting, pengen dapet hadiah keren dari Exsport? Kalo iya lo harus ikutan #letscreategoodness. Caranya gampang banget, kalian cuma perlu ikutin kuis yang ada di Instagram @provokemagazine.

Komentar

Login to P!