img 1236

Melakukan prakarya dimana saja.

Wanita manis ini adalah Kitty Manu. Sejak kecil Kitty sudah di perkenalkan dengan dunia art and crafting oleh sang Ibu yang kemudian menjadi hobi dan hiburan mereka berdua. Tahun 2001, mengikuti jejak sang Ibu, Kitty menjalani pendidikan di Lassalle Collage International Jakarta jurusan Fashion Design dan membawa pulang sertifikat Pattern Maker.

Kitty sempat menjadi assistant designer, fashion consultant, dan manager band sampai akhirnya menekuni bidang art dan crafting sebagai pekerjaannya sekarang.

Pekerjaan ini, tidak pernah direncanakan sebelumnya oleh Kitty.

img 1446

 

Membudayakan Crafting

Menurut Kitty, crafting atau DIY (Do It Yourself) bukan hanya sekedar prakarya tapi juga sebuah budaya. Budaya yang menggunakan ke dua tangan kita sendiri untuk membentuk, menghias atau make over sebuah material.

img 1364

Kitty berusaha mewujudkan mimpinya untuk bisa memperkenalkan dan membudayakan art and crafting di Indonesia, ke semua orang, tanpa kecuali, salah satunya adalah melalui workshop yang dijalankannya.

"Workshop ini media aku sharing selain di blog, biar orang-orang bisa nyobain megang gunting dan kertas. Karena rata-rata orang yang ikut itu ada yang lawyer yang mereka bahkan nggak punya gunting atau ada anak kecil yang Ibunya sekarang nyiapin mainan yang buat berkarya bukan Ipad terus" jelas Kitty.

img 1414

 

Banyak Manfaat

Dalam prosesnya, crafting bisa dibuat sangat menyenangkan sehingga bisa menjadi bahan hiburan dan terapi. Crafting sendiri juga bisa dijadikan aktivitas saat bertemu teman sehingga waktu bertemu bisa lebih produktif. (Nanti bisa dilanjutkan dengan menceritakan playdate)

"Dalam prosesnya, selain menyenangkan, hiburan dan terapi juga si, mengisi waktu luang dan udah banyak juga sih orang yang main, ketemuan dan bikin kerajinan gitu, jadi mainnya lebih produktiflah" ungkapnya.

Selain itu, barang yang dihasilkan dari crafting juga jadi lebih bernilai. Karena barang tersebut  beda dari yang lain dan menjadi satu-satunya yang ada di dunia ini.

Crafting kemudian bisa dijadikan sebagai kegiatan yang menghasilkan uang.

img 1395

 

Proses Kreatif

Untuk bisa menghasilkan sesuatu yang baru dan juga unik setiap harinya, Kitty mendapatkan sumber inspirasi dari mana saja terutama buku- buku art and crafting dari Martha Stewart.

Beberapa kesulitan saat proses crafting dihadapi oleh Kitty. Salah satunya adalah untuk mendapatkan alat dan bahan. Tapi masalah tersebut bisa diselesaikan lagi-lagi dengan DIY. Alat dan bahan yang sulit didapatkan bisa diganti dengan sesuatu yang kita buat dengan kedua tangan kita sendiri.

"Kesulitan kalo yang mandiri, lebih ke arah nyari alat dan bahannya si. Karena disini tuh belum ada yang segitu lengkapnya walaupun saat ini udah mulai dan kalo ada tuh biasanya mahal. Jadi emang nyari akal-akalannya ya gimana cari murahnya dan balik lagi ya, DIY" ujar Kitty.

img 1519 2

Let’s Create Goodness adalah campaign dari brand Exsport di tahun 2016 ini. Salah satu misinya adalah, membangkitkan kreativitas dan keseruan lewat dunia craft. Mari berkarya dan sebarkan kebaikan ke sekitar kita.

Mau tau lebih lanjut tentang dunia kriya dan karya dari Kitty Manu ? Simak video di bawah ini:

Nah, buat kalian yang suka crafting, pengen dapet hadiah keren dari Exsport? Kalo iya lo harus ikutan #letscreategoodness. Caranya gampang banget, kalian cuma perlu ikutin kuis yang ada di Instagram @provokemagazine.

 

Komentar