Sekali-kali yuk ah ngomong seni, biar rada gantengan dikit *plintir kumis*.

Dia.Lo.Gue Artspace, 12 Januari 2013

“ Light is knowledge, knowledge is love, love is freedom, freedom is energy, energy is all. Without a doubt without light you can’t have images.” Vittorio Storaro – ‘Cinematographer’s Style’

Empat seniman muda yang karyanya kece berat melakukan pameran bersama dengan cahaya sebagai benang merah yang mereka terjemahkan dalam interpretasi masing-masing.

Stephanie Arifin membuat sebuah film fashion berjudul Le Vécu yang sarat dengan nuansa Bernardo Bertolucci, Sofia Coppola, dan Wong Kar Wai. Sangat menarik untuk disimak karena eksekusi teknis yang menawan hati serta tata artistik yang aduhai. Instalasinya yang dihelat dalam sebuah auditorium kecil diterangi cahaya ultra-violet pun membuat film pendek ini semakin enak untuk dinikmati.

Advan Matthew memajang karya-karyanya dalam bentuk foto fashion portrait hitam-putih yang menggugah hati dengan pencahayaan tegas dan berkarakter. Kemasannya yang simpel tapi mengena menyambut pengunjung sedari awal masuk, menyajikan nuansa kemewahan tertentu dan membuat rasa penasaran semakin tinggi.

Talitha Maranila menumpahkan sisi gelap manusia ke dalam bentuk lukisan di atas kanvas yang  diberi nama Penumbra. Tiga lukisan hitam dan putih bernafaskan rasa takut dan sakit yang selama ini selalu bersembunyi dalam diri manusia terpampang garang. Seolah membuka kembali luka lama yang terlupakan.

Gerry Habir mentransformasi kemampuannya dalam bidang sinematografi ke dalam bentuk lain berupa sebuah instalasi crime scene investigation ala film-film Hitchcock. Pengunjung diharuskan mengintip dari lubang pintu hotel kamar 1903 tempat ditemukannya mayat seorang perempuan di bath tub, dan menyimak sebuah percakapan ketika seorang pria menginterogasi seorang perempuan yang menjadi saksi. Kamar 1903 ini dibuat menggunakan manekin dan instalasi cahaya yang mumpuni, dilengkapi dengan audio yang membangun nuansa dan menyeret pengintip untuk masuk ke dalam adegan. Brilian.

Kalo lo mau dateng berkunjung, pameran ini masih digelar sampai tanggal 20 Januari 2013, dan acara penutupannya sendiri akan diisi penampilan dari Duck Dive, Maverick, Space System, dan Harvy. Jangan sampe lo salah kostum karena dress code untuk acara ini adalah All Black atau All White. Sampai jumpa disana kawan!

Komentar