ravi

Provoke! berkolaborasi dengan Ravi Manthovani untuk cover majalah Provoke! 117 edisi S.O.S (Spirit of Social)

 

Beda dari sebelumnya, cover Provoke! kali ini berupa kolase super kece dari Ravi Manthovani, mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara, Jakarta. Ravi dikenal dengan karya kolasenya bernuansa vintage dan mengidolakan Salvador Dali yang ngaku obsessed sama puisi dan sajak. Dan Provoke! juga berkesempatan buat ngobrol bareng cowok penyuka tigapagi, Payung Teduh dan film-film surealis ini. Yuk ngobrol bareng Ravi!

pearthspectivea1

Halo halo. Ravi ceritain dong kesibukan kamu sehari-hari?

Sekarang lagi sibuk magang (maklum anak kuliah). Biasanya setelah pulang sih sisa waktunya buat bikin karya atau explore-explore style sama ngonsep buat personal project. Kalo lagi nggak mood palingan baca-baca buku, kalo nggak nonton atau main game sih.

tigapagi happybirthday

Sejak kapan sih kamu mulai berkolase? Terus kamu lebih suka kolase manual atau digital? Kenapa?

Baru mulai itu sejak akhir 2015, gara-gara iseng pas waktu submisi pameran kampus. Eh, lama-lama jadi nagih gitu hahaha. Honestly lebih prefer digital sih, soalnya lebih cepet kerjanya dan karena sourcenya dari internet atau scan, nggak buang-buang kertas sih. Tapi kalo buat pameran lebih prefer manual.

kolejt2

Kenapa karya-karyamu sering banget pake unsur vintage?

Hemm, sebenernya saya suka banget sama unsur vintage karena texture agingnya keliatan dan warnanya yang kusam. Lagipula vintage sources membuat saya seakan-akan menjelajahi kembali suasana pada zaman yang bahkan saya mungkin belum lahir atau masih kecil, sehingga eksplorasinya pasti akan lebih imajinatif.

deadline dealin

Ceritain dong konsep karyamu buat cover Provoke! edisi ini. Judulnya apa? Dan pesan dibalik karyanya apa?

provoke online 117 01

Judulnya ‘Childhood’. Itu dari pengalaman pribadi. Dulu waktu kecil addicted banget sama komputer sampe diomelin mama dan disuruh main keluar rumah. Lama-lama lebih seneng main di luar karena bisa haha hihi. Malah pernah sampe dicariin karena nggak pulang. Hahaha.

Nyambung sama tema “Spirit of Social” nih. Menurutmu sebagai makhluk sosial, anak muda harus ngapain?

Jangan ngurung diri di rumah sama komputer/konsol. Main di luar sama temen-temen itu lebih asik! Belajar banyak dari orang-orang diluar dan buat koneksi. Karena kamu nggak akan bisa survive sendiri tanpa orang-orang diluar sana.

 

Nah itu dia obrolan seru antara Provoke! dan Ravi. Buat lo yang mau kepoin Ravi dan karya-karyanya bisa langsung ngitip di @ravimanthovani.

Komentar