2

Meditasi lewat gambar dan bisa bikin orang senang.

 

Menggambar sudah menjadi hobi bagi Bea Ariani Putri sejak ia kecil. Perempuan lulusan Universitas Bina Nusantara jurusan Desain Komunikasi Visual ini mengaku mulai menggambar karena ikut-ikutan kakek dan tantenya. Mulai dari situ, Bea menemukan kecintaanya pada menggambar.

Gambar-gambar Bea tidak jarang seputar makanan dan hal-hal yang berkaitan dengan pakaian dalam perempuan. “Mostly sih food and undies related thingy. Tapi nggak selalu hehehe. Sebenernya ilustrasi saya sebagian besar tentang apa yang saya inginkan atau gemari sewaktu gambar,” ceritanya.

1

Bagi Bea, inspirasi bisa datang dari mana saja dan siapa saja. Mulai dari keseharian, buku yang dibaca, film, obrolan dengan sahabat ataupun orang asing, makan siang hingga mimpi semalam. Dalam membuiat ilustrasi, Bea menggunakan teknik manual ataupun digital dalam membuat ilustrasi. “Nggak bisa milih karena saya suka dua-duanya. Baik manual ataupun digital sama-sama punya kelebihan dan tantangannya sendiri. Dan juga tergantung dengan kebutuhannya,” tambahnya.

Media yang Lain

Tidak hanya pada kertas, Bea pun mengaplikasikan ilustrasinya pada berbagai medium seperti pouch, magnet, pin, dan juga mug. Pada akhir 2014, Bea berkolaborasi dengan temannya dalam bentuk pouch menggunakan ilustrasinya untuk mengikuti Pasar Seni ITB.

Selanjutnya, pada 2015 Bea berkesempatan untuk mengikuti art market. Pada kesempatan tersebut Bea memproduksi printed illustrated on mug. “Ternyata mug-mug tersebut cukup menarik pasar,” ujarnya.

3

Bea pun terus bereksplorasi dengan melukis wajah pada mug. “Awalnya buat pemakaian pribadi tapi ternyata banyak juga yang tertarik,” ujar Bea. Setiap bulannya, Bea membatasi pesanan sebanyak 30 mug guna menjaga kualitas produk.

Selain mug, ilustrasi yang dibuat Bea juga diaplikasikan dalam produk lainnya. Kali ini, Bea berkolaborasi dengan Exsport dalam pembuatan pouch. Pouch warna-warni dengan karakter ilustrasi dari Bea tidak hanya lucu, tapi juga fungsional yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang, mulai dari tools gambar, dompet dan lain-lain.

Ke depannya, Bea ingin terus bereksplorasi salah satunya dengan mengaplikasikan ilustrasinya pada dining/kitchen untensil seperti piring, mangkuk, teko dan lain-lain. “Maunya sampai seterusnya akan berkarya, baik untuk kepentingan profesional ataupun kepuasan pribadi,” tambahnya.

Art and Craft yang Dinamis

Bea berpendapat perkembangan art and craft pada anak muda semakin dinamis. Semakin banyak yang berkecimpung di art and craft dan media pengaplikasiannya pun semakin beragam. “Orang-orang khususnya anak muda semakin aware dengan DIY. Mungkin karena lebih personal buat anak muda,” jelasnya.

4

Bagi Bea sendiri, art and craft merupakan media meditasi untuk menyenangkan diri sendiri. “Sebagai bentuk meditasi untuk menyenangkan diri sendiri, syukur-syukur ada juga bisa bikin orang lain seneng,” ujar Bea.

Yuk ikut bersenang-senang bersama dan lewat karya-karya dari Bea. Kamu bisa intip karya-karya Bea di instagramnya @beaariani dan mampir juga ke www.beaariani.com

Mau tau lebih lanjut cerita Bea dan karya-karyanya? Simak video di bawah ini:

Nah, buat kalian yang suka crafting, pengen dapet hadiah keren dari Exsport? Kalo iya lo harus ikutan #letscreategoodness. Caranya gampang banget, kalian cuma perlu ikutin kuis yang ada di Instagram @provokemagazine.

Komentar