header

Siapakah Banksy sesungguhnya?

 

Sosok di belakang nama Banksy emang masih dan akan selalu jadi misteri di dunia seni, khususnya seni jalanan alias street art. Pasalnya orang, atau sekelompok orang, ini sering sekali membuat karya yang 'nyeleneh' tapi ngena banget sama kondisi sosial yang tengah terjadi.

Banyak orang berusaha "membuka topeng" Banksy. Mulai dari cerita yang masuk akal sampe yang di luar nalar. Baru-baru ini kurator dan ahli street art, Carlo McCormick menyampaikan pendapatnya mengenai identitas Bansky. "Banksy adalah orang yang nyata," jelasnya.

Mengutip dari Artfido.com, berikut nama-nama yang diduga sebagai sosok misterius, Banksy:

1. Paul Horner

1 paul hormer
Pada Oktober 2014, sebuah website berita Amerika mengungkapkan bahwa pria berusia 35 tahun asal Liverpool, Paul Horner adalah Banksy. Berita ini keluar setelah mereka menelusuri Anti-Graffiti Task Force dan ditangkap karena vandalisme, konspirasi, pemerasan serta pemalsuan.

Namun berita ini dibantah oleh Jo Brooks, Humas Banksy, membantah berita tersebut. Dan Brooks mengungkapkan berita tersebut adalah bohong.

2. Richard Pfeiffer

2 richard
Maret 2015 lalu, pria berusia 33 tahun asal Brookly, Richard Pfeiffer ditangkap karena sebuah graffiti atas nama Banksy. Pfeiffer ditangkap ketika sedang melihat graffiti di East Village, Manhattan dan dituduh sebagai pembuat gambar. Meski kedapatan tengah membawa 'pen', namun ternyata ujungnya tidak sesuai dengan gambar.

3. Sebuah tim yang dipimpin seorang perempuan

3 a team lead by women
Dalam dokumenter Banksy Does New York, Chris Healey seniman Kanada mengklaim bahwa Banksy merupakan sebuah tim yang terdiri dari tujuh seniman yang dipimpin oleh seorang perempuan. Pendapat ini keluar karena muncul seorang perempuan pirang yang tengah menggambar di studio Banksy di Dokementer Exit Through the Gift Shop (2010). Sampai saat ini, dugaan ini masih belum terbantahkan.  

4. Seorang Tukang Parkir di Dismaland

4 dismaland
Sebuah media Inggris mengatakan bahwa Banksy bersembunyi di depan mata dalam proyek Dismaland yang dibangun di Weston-Super-Mare pada 2015 lalu. Banksy dianggap menyamar sebagai tukang parkir di Dismaland. Namun setelah diusut lebih lanjut, petugas parkir tersebut merupakan karyawan dari pemerintah setempat.

5. Robin Banks

5 robin banks
Pada 2015 lalu, seorang remaja Inggris mengklaim seseorang bernama Robin Banks merupakan Banksy. Klaim tersebut dikeluarkannya setelah diberi tanda tangan oleh orang tersebut membantunya mengambil cat yang jatuh dari tasnya di kereta api di Oxenholme, Inggris.

6. Thierry Guetta, aka Mr. Brainwash

6 thierry
Salah seorang yang dianggap Banksy adalah Thierry Guetta alias Mr. Brainwash, seorang seniman Prancis. Dugaan ini muncul karena Mr. Brainwash merupakan anak orang kaya yang bisa memberikan akses ke properti utama di L.A bagi Banksy sehingga diberi izin.

7. Robert Del Naja - Vocalist Massive Attack

7 robert
Seorang wartawan, Craig Williams mengungkapkan bahwa Banksy adalah Robert Del Naja, seorang frontman dari Massive Attack. Hal ini disebabkan adanya hubungan antara penampilan Massive Attack dan lokasi mural dari Banksy. Namun berita tersebut dibantah habis-habisan oleh Del Naja.

8. Seorang Pemuda dari Australia

8 from australia
Seorang pengguna Youtube mengaku bertemu dengan Banksy di Melbourne dengan ciri-ciri seorang pria berkacamata, celana jeans dan berjaket gelap.

9. Seorang Pria di Gudang Red Hook

9 red hook
Waktu itu sempat booming di twitter sebuah foto Banksy mempersiapkan karya Siren of The Lamb (2013). Dalam foto tersebut terdapat lima orang tengah mengatur boneka hewan di sebuah truk di luar sebuah gudang di Red Hook, Brooklyn. Dari foto tersebut, seorang laki-laki yang berdiri di samping truk dan terlihat sebagai komando dari proyek seni tersebut dianggap sebagai Banksy.

10. Robin Gunningham

10 gunningham
Seorang Kriminolog dari Queen Mary University, London, berusaha melacak Banksy dengan profiling geografis dari street artist tersebut. Begitu ditemukan, data menunjukan bahwa Banksy adalah Robin Gunningham, seorang penduduk Bristol. Pencarian ini melihat korelasi antara 140 karya seni di London dan Bristol yang berkaitan dengan Banksy.

Dari nama-nama tersebut, McCormick mengungkapkan ada kemungkinan 75% bahwa Banksy adalah Robin Gunningham. Pendapat ini diperkuat dari penelusuran yang emang merujuk semua ke Bristol atau tempatnya Gunningham. Kalo menurut lo, siapakah Banksy sebenarnya?

Komentar