04 michael halsband.w1200.h630

Yang terakhir selalu terkenang.

Pernah ngga lo penasaran karya-karya terakhir pelukis-pelukis terkenal mancanegara kayak gimana? Kalo iya, then you’re in luck karena P! udah ngumpulin sebagian karya terakhir pelukis-pelukis tersohor nih! Penasaran?

Jean-Michel Basquiat: Riding With Death (1988)

Basquiat adalah seniman kontemporer Amerika yang lahir pada tanggal 22 Desember 1960. Salah satu karya seniman kontemporer ini adalah Riding With Death. Walau statusnya sebagai lukisan terakhir Basquiat masih diperdebatkan, lukisan ini menampilkan kesan sense of ending yang seolah “meramalkan” kematian Baquiat yang terjadi pada 1988, tak lama setelah ia menyelesaikan lukisan tersebut.

Andy Warhol: Last Supper (1986)

Andy Warhol adalah seniman Amerika dan nama besar dalam pergerakan seni visual yang kini dikenal dengan istilah pop art. Karya-karyanya kerap mengangkat hubungan antara celebrity culture, ekspresi artistik dan iklan. Karya terakhirnya, Last Supper, dibuat pada tahun 1986 dan kini bisa dilihat di Guggenheim Museum SoHo, New York, Amerika.

Salvador Dali: The Swallow's Tail (1983)

Salvador Dali menyelesaikan lukisannya pada musim semi 1983. Karya terakhirnya berjudul Swallows Tail merupakan karya terakhir dari rangkaian lukisan yang ia buat berdasarkan Catastophe Theory yang berasal dari matematikawan Perancis, Rene Thom pada tahun 1960-an. Swallows Tail adalah karya Dali yang merepresentasikan pemahamannya terhadap teori matematika Catastophe Theory. Salvador Dali meninggal pada tahun 1989 di usia 84 tahun.

Stuart Davis: Fin (1964)

Stuart Davis adalah pelukis modernist asal Amerika yang dikenal luas dengan karya-karya pop art­-nya yang dipengaruhi musik jazz pada era 1940-an dan 1950-an. Pada 23 Juni 1964, Davis menonton sebuah film Perancis di TV yang diakhiri dengan kata “fin” yang artinya adalah “tamat”. Davis mutusin untuk masukin kata “fin” ke dalam lukisannya sebelum dia tidur. Pada malam yang sama setelah Davis menyelesaikan lukisan Fin, Davis meninggal karena stroke.

Frida Kahlo: Viva La Vida, Watermelons (1954)

Viva La Vida adalah karya terakhir seniman Mexico, Frida Kahlo. Lukisan ini diselesaikan delapan hari sebelum Kahlo meninggal pada 13 Juli 1954 di usia 47 tahun. Viva La Vida adalah lukisan still life semangka yang merupakan simbol yang populer di Dia de los Muertos (hari kematian Meksiko). Dalam bahasa Indonesia, Viva La Vida (kurang lebih) berarti “hidupilah hidup”.

Keith Haring: Unfinished Painting (1990)

Keith Allen Haring adalah seniman Amerika dan aktivis sosial yang karyanya kerap mengekspresikan konsep kelahiran, sexualitas, perang, dan kematian. Salah satu karya terakhirnya diselesaikan sebelum akhirnya Haring meninggal karena AIDS pada tahun 1990. Lukisan ini kini dikenal sebagai pernyataan tentang hidup Haring yang berakhir terlalu cepat di usia 31 tahun.

Rembrandt: Simeon With The Christ Child In The Temple, Unfinished (1669)

Simeon With The Christ Child In The Temple adalah lukisan Rembrandt yang tak selesai yang ditemukan di studionya setelah kematiannya yang mendadak pada tahun 1669. Saat ini Simeon With The Christ Child In The Temple ada di National Museum di Stockholm, Swedia.

Keren kan?

Komentar