photo on 2 28 16 at 12.07 am

Provoke! berkolaborasi dengan Rato Tanggela untuk cover majalah Provoke! 120 edisi Resolusi Fiksi

 

Provoke! di edisi perdana 2017 yang sangar ini merupakan hasil karya dari Rato Tanggela. Pemuda lulusan dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini emang udah dari kecil suka berkesenian. Saat ini penggemar dari Steve Simpson, Basquiat, Samuel Indratma dan Farid Stevy bekerja di sebuah media di Jakarta. Dan Provoke! berkesempatan buat ngobrol-ngobrol sama Rato, yuk simak obrolannya! 

masterrato

Halo Rato! Ceritain dong kegiatan lo sehari-hari ngapain aja?

Halo Provoke! Setiap hari itu biasanya bangun tidur langsung ngopi. Terus baca-baca. Terus berangkat kantor. Kalo pulang nyempetin buat bikin drawing kecil. Karena lagi berkomitmen mau bikin gambar yang tematik gitu.

Kalo lagi nggak gambar atau kerja, biasanya ngapain?

Kalo nggak gambar, biasanya gue berinteraksi sama orang di sekitar gue. Ngobrol kayak gini. Mungkin habis ketemu sama lo, bisa jadi gue dapet inspirasi terus bikin karya. Hehehe. Atau gue ‘mencuri’ apa yang bisa gue curi buat dibikin karya.

proletar

Lo lebih suka manual atau digital?

Kalo gue tergantung apa yang mau gue sampein. Manual atau digital itu cuma soal teknis. Menurut gue yang lebih penting gimana pesan gue sampai ke pembaca dari gambar gue. Kalo mau romantis gue pake cat air. Dan eksplorasi juga ke teknik-teknik lainnya, kayak pameran kemaren gue nyoba tiga dimensi.

the kuda instagram

Ceritain dong konsep dari artwork lo buat Provoke!

cover 120 01

Duh judulnya apa yaa? *Rato berpikir. Mimpi-mimpi yang patah, asikkk hahaha. Jadi itu ceritanya sebelum bikin karya gue nanya-nanya dulu sama keluarga, temen-temen gue soal mimpi mereka yang nggak kesampean. Dari situ gue juga nggak nyangka, ternyata temen gue yang biasanya ayo-an aja terjadi punya target-target setiap hari. Dapet cerita-cerita menarik, misal ada temen gue mau resign tapi sampe sekarang belom. Jadi begini deh gambarnya.

Lo suka bikin resolusi nggak?

Iya. Tapi gue tipe yang gampang terdistraksi. Buat sampe ke tujuan itu kadang suka mampir ngerjain hal-hal lain gitu.

hujan dan tanah basah yang lain

Ada nggak resolusi yang selalu ada dalam daftar lo tiap tahun tapi selalu melenceng?

Mandi! Hahaha. Gue anaknya males mandi. Resolusi gue pengen rajin mandi tapi suka males. Hahaha.

Terakhir nihhh! Apa resolusi yang pengen banget lo capai?

Gue pengen banget renovasi rumah nyokap. Kalo orang lain bisa masa gue nggak bisa. 

 

Nah itu dia obrolan seru antara Provoke! dan Rato. Buat lo yang mau kepoin Rato dan karya-karyanya bisa langsung ngitip di @ratotanggela.

Komentar

Login to P!