Ichitan Photo Competition

harry potter ind 2

Pecinta Harry Potter yang berkesempatan bikin cover buku kesukaannya.

 

Buku dan ilustrasi emang dua hal yang nggak bisa dipisahkan. Bagai sayur tanpa garam, bagai aku tanpa kamu. Eciyeeee. Nggak deng.

Ilustrasi dan buku, keduanya saling melengkapi. Jadinya utuh. Bagus. Yakan?

Nah buat para pecinta buku Harry Potter, kudu banget koleksi buku cerita yang dibuat J.K Rowling versi Indonesia ini. Karena apa? Karena ilustrasi sampulnya dibuat oleh anak muda Indonesia. Nggak caya? Ish!

harry potter ind

Nih kenalin namanya Nicholas Filbert. Dan Provoke! sempat berkorespondensi dengan Nicholas tentang ilustrasinya untuk buku Harry Potter versi Indonesia. Yuk disimak!

Provoke! (P!) : Halo Nicholas! Keren sekali ilustrasi lo buat cover Harry Potter ini. Ceritain dong awal mulanya bisa ngerjain ilustrasi cover Harry Potter Indonesia ini.

Jadi awalnya Gramedia Pustaka Utama, pemegang lisensi buku Harry Potter di Indonesia berniat untuk mencetak ulang seri Harry Potter. Kebetulan saya sudah bekerja sama dengan Gramedia Pustaka Utama di beberapa proyek terdahulu. Editor senior Gramedia yang bertanggung jawab untuk seri Harry Potter ini mempunyai mimpi di mana Harry Potter Indonesia memiliki cover-nya tersendiri. Sehingga pada akhirnya saya ditantang untuk mengajukan ide dan proposal untuk approval design cover.

P!: Terus terkait prosesnya makan waktu berapa lama?

Proses approval sendiri mengalami waktu yang cukup lama, dari konsep awal yang sempat mengalami beberapa perubahan sampai sekarang sudah memakan waktu berbulan-bulan. Untuk pengerjaannya sekarang masih berjalan, untuk pengerjaan satu buku kira-kira memakan waktu 1 sampai 2 minggu.

P!: Bagian mana yang tersulit dari pengerjaan artwork ini?

Bagian tersulit adalah bagian awal memikirkan konsep buku secara keseluruhan. Karena seri Harry Potter ada 7 buku, saya mau cover-nya memiliki kesinambungan secara keseluruhan, hingga pada akhirnya saya menetapkan Fantastic Beast untuk saya jadikan konsep dasar yang ingin saya tonjolkan.

P!: Ini kan lo buat ilustrasi Harry Potter dari seri pertama sampai ketujuh, dari pengerjaan semua seri tersebut mana yang paling lama dan paling susah? Dan mana yang jadi favorit lo?

Proses masih berjalan, mungkin sejauh ini buku pertama karena buku pertama lah yang menentukan feel dan tone buku secara keseluruhan. Dan buku pertama sempat mengalami beberapa kali perubahan sebelum jadi seperti sekarang.

P!: Kalo ngomongin Harry Potter, apakah lo termasuk pecinta buku Harry Potter? Seri mana yang jadi favorit lo? Dan kenapa?

Saya pecinta buku Harry Potter dari pertama kali terbit di Indonesia. Kalau favorit mungkin buku keempat karena di sana lah menurut saya theme seri Harry Potter perlahan-lahan menjadi semakin gelap.

P!: Terus sekarang kita ngomongin lo nih. Asekkk. Sejak kapan lo mulai suka menggambar dan terus gimana ceritanya akhirnya berkecimpung di seni rupa?

Saya sudah menggambar dari usia sangat muda, mengikuti banyak perlombaan dari tingkat TK sampai SD. Namun sempat meninggalkan seni rupa sampai masa SMA. Ketika mau mengambil jurusan kuliah saya teringat bahwa bakat yang kita punya janganlah disia-siakan. Sampai akhirnya saya mengambil jurusan animasi dan bekerja di bidang ilustrasi sampai sekarang.

P!: Menurut lo seberapa penting peran ilustrasi pada sebuah buku?

Menurut saya tergantung dari buku seperti apa, karena kadang buku tanpa ilustrasi bisa memancing kita untuk lebih menggunakan imajinasi kita. Tapi ilustrasi yang baik juga bisa membantu cerita yang ada menjadi lebih matang

P!: Seniman favorit lo siapa?

Seniman-seniman favorit saya berasal dari bidang komik, salah satunya adalah Takehiko Inoue pengarang komik Slam Dunk.

P!: Kalo musik dan film juga boleh kasih tau dong kesukaan lo.

Musik mungkin musik Indonesia seperti Payung Teduh dan Banda Neira. Kalo film favorit saya itu the Pursuit of Happyness dan Harry Potter yang sudah saya tonton berkali - kali!

P!: Pencapaian tertinggi mu selama kamu berkecimpung di dunia seni dan ilustrasi apa?

Pencapaian tertinggi adalah ketika melihat orang banyak bisa menyukai dan menikmati karya yang kita buat.

P!: Rencana lo ke depan? Bocoran sedikit project yang mau lo garap gitu. Hehehe..

Sekarang fokus saya menyelesaikan proyek cover Harry Potter ini dan saya juga sedang menyusun artbook.

 

Nah itu dia obrolan Provoke! sama Nicholas. Coba intip karya-karya Nicholas di Instagramnya (@nickfilbert). Dan jangan lupa juga buat koleksi Harry Potter versi Indonesia dengan cover buatan Nicholas yaa.

 

Foto: dok.pribadi

Komentar