south korea shops drawings me kyeoung lee 5 58ca88be02588 700

Yang dilakuin artist ini keren sekaligus inspiring banget deh!

Pesatnya kemajuan zaman dan pembangunan di satu sisi juga mematikan. Banyak banget tempat-tempat bersejarah buat kita di masa lalu, sekarang udah berubah. Dari lapangan bola jadi gedung bertingkat, dari sawah jadi apartemen, dari toko kelontong jadi mall, dan masih banyak lagi. Cara mendokumentasikannya selain dengan mengabadikan dalam bentuk foto, bisa juga dengan menggambarnya nih, kayak yang dilakuin oleh seorang seniman asal Korea Selatan.

Lee Me Kyeoung ini keren banget sih. Selama 20 tahun lamanya, ia berkeliling ke toko-toko lokal di negaranya, kemudian menuangkannya ke dalam kanvas. Yup, ia udah menggambar sketsa toko-toko ini mulai tahun 90-an guys! Katanya, zaman udah berubah banget, dan sekarang nggak banyak pemandangan toko-toko kayak gini yang tersisa. “there was a time when I was happy to have a coin in my hands and run to a shop and hang out with friends gathered in front of it,” katanya lagi.

Sang seniman biasanya menggambar dengan cat akrilik dan menggunakan warna-warna pastel, bikin gambarnya jadi makin keliatan “syahdu” dan “nostalgic”. Nggak Cuma tokonya aja, ia juga menggambar dengan detail suasana di sekitar toko-toko lokal ini, dari mulai taman, papan selamat datang, dll, yang bikin setiap gambar punya ciri khasnya masing-masing.

Buat warga negara lain, mungkin toko-toko kelontong di Korea nggak kelihatan penting. Tapi buat mereka, toko-toko lokal ini udah jadi bagian dari kehidupan sosial dan budaya itu sendiri. Hingga saat ini, tersisa sebanyak lebih dari 33 ribu toko kelontong lokal loh di Korea. Nih liat beberapa keindahannya lewat gambar dari Lee Me Kyoung!

 

 

Luvvvv banget! Ada yang kepikiran untuk bikin karya serupa?

Komentar

Login to P!