foto sampah 7

Hidup di tengah tumpukan sampah, siapa mau?

 

Apa jadinya kalo hidup di tengah tumpukan sampah? Pasti nggak enak ya. Pasti risih dan nggak ada ruang untuk bergerak. Inilah yang dilakukan oleh seorang fotografer, Antoine Repessé.

Pada 2011, Repessé tidak membuang sampah-sampah yang bisa didaur ulang dan membuatnya menumpuk di dalam rumahnya. Selama empat tahun kemudian terkumpul, 1.600 botol susu, 4.800 gulungan tisu, dan 800 kg koran.

Kemudian sampah-sampah itu dia jadikan objek bagi foto seriesnya yang berjudul '#365 Unpacked'. Coba liat hasil fotonya di bawah ini:

foto sampah 1

foto sampah 2

foto sampah 3

foto sampah 4

foto sampah 5

foto sampah 6

foto sampah 7

foto sampah 8

Lewat karyanya ini Repessé ingin membuat sebuah perubahan terhadap pola hidup manusia di jaman sekarang. Wacana global warming udah lama digembar-gemborkan tapi nggak sedikit dari kita tergerak untuk mengurangi konsumsi dalam kehidupan sehari-hari karena menganggap dampaknya tidak langsung mengenai diri kita.

Lewat foto ini, Repessé berharap adanya perubahan di masyarakat untuk mulai mengurangi konsumsinya dan memulai melakukan daur ulang terhadap sampah-sampah yang dihasilkannya.

 

Foto: Boredpanda

Komentar