movie header

Sayang banget yaa..

Dalam sebuah pembuatan film, pasti banyak banget aspek yang dipikirin. Nggak cuma dari jalan ceritanya aja, tapi juga naskahnya, pengambilan gambarnya, setnya, kostumnya, pokoknya semuanya. Nah, dengan segitu banyaknya hal yang dibutuhin pasti banyak juga dong dana yang dikeluarkan. Nggak sedikit production house atau perusahaan perfilman yang nggak tanggung-tanggung ngeluarin duit. Tapi sayangnya, film yang mereka bikin nggak berhasil memukau pasaran dan malah merugi loh. Ini diantaranya

Cutthroat Island (1995)
IMDb : 5.6/10 Rotten Tomatoes : 38%

cutthroat island

Cutthroat Island sering diberitakan sebagai film box office terbesar yang gagal sepanjang masa. Biayanya sekitar $ 115 juta untuk diproduksi dan syutingnya. Tapi nggak tau gimana, film ini nggak memukau pasaran dan hanya menghasilkan sekitar $ 10 juta dipemutarannya. Carolco Picture mengalami kerugian sekitar $ 100 juta lebih.


Speed 2: Cruise Control (1997)
IMDb : 3.8/10 Rotten Tomatoes : 3%

speed 2 cruise control

Siapa sih yang nggak tau film terkenalnya Keanu Reeves, "Speed"?? Bahkan sampe sekarang P! kadang masih suka nonton. Hehhe. Kesuksesan film "Speed" ternyata nggak berpengaruh pada sekuelnya "Speed 2 : Cruise Control". Film ini menghabiskan biaya set sekitar $ 110 juta untuk, tapi mereka hanya memperoleh $ 48 juta di Amerika. Hal ini dianggap sebagai kegagalan besar. Mereka merugi sekitar $ 62 juta.

Waterworld (1995)
IMDb : 6.1/10 Rotten Tomatoes : 42%

waterworld

Waterworld adalah film Kevin Costner yang fantastis. Sayangnya, film ini juga merupakan box office yang gagal. Tim produksi menghabiskan $ 175 juta untuk menghasilkan film ini, namun pendapatan box office hanya mencapai sekitar $ 88 juta.

Catwoman (2004)
IMDb : 3.3/10 Rotten Tomatoes : 9%

catwoman

Catwoman sering dipuji sebagai film superhero tunggal yang bakalan sukses di box office. Tapi sayangnya, banyak yang berpendapat kalo Halle Berry nggak bisa memerankan Catwoman dengan baik. Film ini menghabiskan dana sekitar $ 100 juta, namun hanya mengumpulkan sekitar $ 40 juta pada pemutarannya.

The 13th Warrior (1999)
IMDb : 6.6/10 Rotten Tomatoes : 33%

the 13th warrior

Buena Vista sebelumnya emang dapet kesuksesan besar dari Jurassic Park beberapa tahun sebelumnya. Tapi menurut penulis Michael Crichton, keputusan mereka untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar di film The 13th Warrior bahkan pada standar tahun 2013, akhirnya menjadi bumerang. Total biaya yang dikeluarkan sekitar $ 160 juta. Dan hanya mendapatkan $ 61.7 juta. Secara total, film ini menghadapi kerugian sebesar $ 98 sampai $ 183 juta bila disesuaikan dengan inflasi.

47 Ronin (2013)
IMDb : 6.3/10 Rotten Tomatoes : 14%

47 ronin

Anggaran produksi awal yang sudah besar, sekitar $ 175 juta nggak lama menggelembung menjadi $ 225 juta, sebagian karena perekaman ulang yang mahal setelah mengambil alih proyek dari sutradara Carl Rinsch. Kritikus Rotten Tomatoes menggambarkan film ini "petualangan fantasi yang mengejutkan dan membosankan," 47 Ronin gagal menarik penonton bioskop di pasar Jepang dan AS, dan akhirnya kehilangan sekitar $ 151 juta saat disesuaikan dengan inflasi.

Duuh, sayang banget ya. Kerugiannya juga nggak kecil pula. Tapi biar gimanapun juga kita tetep menghargai hasil karya dan jeri payah seseorang ya.

Komentar