landscape-1512300604-saoirse-ronan-2.jpg

Baru aja menang "Aktris Terbaik" di Golden Globes Award 2018

Mungkin nama Saoirse Ronan selama ini emang jarang ada yang kenal. Namun gegara kemarin menang di Golden Globes Award 2018 sebagai "Aktris Terbaik", namanya menjadi melambung tinggi dari pada seniornya, hehe. Saoirse Ronan mulai makin dikenal setelah beradu akting di film "Lady Bird" yang baru aja rilis akhir tahun 2017 lalu. Cewek yang umurnya baru 23 tahun ini emang masih muda, ya wajar kalau belum banyak dikenal. Tapi nih ya, kualitas akting Ronan patut diperhitungkan lho walaupun jam terbangnya di dunia film masih dikit. Nah, biar makin kenal sama Ronan, lo coba nonton film-film di bawah ini deh. Dijamin langsung paham gimana kualitas aktingnya doi..

1. Lady Bird (2017)

Film Lady Bird ini ceritanya tentang Christine McPherson, cewek kelas 3 SMA yang pengen banget kuliah di New York. Tapi sayangnya dia terkendala masalah finansial keluarganya. Bahkan, ibunya pun kudu ambil shift biar kebutuhan keluarganya terpenuhi gegara ayahnya yang baru aja dipecat. Yep, layaknya cewek remaja pada umumnya yang lagi mencari jati diri, Christine mencoba berbagai macam pengalaman, bandel dan rebellion. Kalau lo nonton film ini, lo jadi tahu gimana Ronan sangat mendalam berperan jadi Christine namun tanpa harus menjadi orang lain. Intinya sih teenage banget tapi nggak lebay, hehe. 

 

2. Brooklyn (2015)

Film yang diangkat dari karya novel Colm Toibin ini ceritanya tentang cewek muda bernama Ellis Lacey. Ellis memilih pindah dari Irlandia yang menjadi tanah kelahirannya menuju Brooklyn, yang penuh dengan janji manis dan kehidupan yang lebih baik. Lagi-lagi, Ronan nggak perlu jadi orang lain dan aktingnya mendalam banget, karena Ronan asalnya dari Irlandia juga maka ini jadi nilai plus. Di film ini, Ronan cocok banget jadi cewek Irlandia yang hidup di era 60an. 

 

3. Hanna (2011)

Yep, lagi-lagi Ronan jadi pemeran utama. Di sini dia jadi Hanna, kelihatan masih abege banget ya? Iya ding, waktu itu dia masih umur 17 tahun cuyy. Tapi dia udah punya peran utama jadi anak 'super' yang nggak kalah kerennya dari agen CIA di dalam film ini. Film ini bercerita tentang seorang cewek yang di balik kelembutannya menyimpan sesuatu yang mematikan, kayak agen CIA. Hanna semenjak kecil udah dilatih buat membunuh tanpa ampun! Bah, ngeri! Tapi aktingnya keren banget! Nggak nyangka di usia yang masih remaja begitu Ronan bisa berperan sebagai karakter yang cukup berat. 

 

4. The Lovely Bones (2009)

Nah, kalau yang ini diadaptasi dari novel best seller berjudul sama karya dari Alice Sebold. Film ini ceritanya tentang flashback dari cewek abege, Susie Salsom, tentang gimana ceritanya sampai dia terbunuh dan melanjutkan nasibnya di alam yang lain. FYI, untuk mendapatkan peran utama di film ini, Ronan nggak terlalu usaha lebih, hwuaahaha. Dirinya ternyata cuma ngirim video audisi yang dikirimkan tanpa ada rapat atau audisi, terus keterima deh. Superb! Ini jadi bukti kalau kualitas aktingnya nggak bisa dipandang sebelah mata. 

 

5. Atonement (2007)

Yang terakhir ini film Ronan waktu masih umur 13 tahun! Bayangin, di usia 13 tahun dia udah main dengan aktor sekelas James McAvoy dan aktris Kiera Knightley. Dan gokilnya sih, Ronan bisa mengimbangi akting mereka berdua. Di film ini, Ronan berperan sebagai Briony Tallis yang punya bakat menulis, khususnya novel. Dia dan kakaknya sama-sama naksir dengan cowok yang sama. Nah, suatu hari, Briony mencyduq kakaknya lagi mesra-mesraan dengan cowok yang ditaksir sama dia. Akhirnya Briony cemburu dan dia pun ngadu domba kakaknya.

Walaupun perannya antagonis dan jahat banget, tapi peran Ronan memberikan kontribusi bagi film ini untuk meraih Piala Oscar di tahun tersebut. Gokil!

 

Bayangkan, walaupun umurnya baru 23 tahun tapi Ronan udah punya banyak prestasi di dunia film Hollywood. Ronan udah pernah menang sebanyak 41 penghargaan dan 90 nominasi sampai saat ini. Ckckckck, kharisma banget nih mbak, hehe. 

Photo header via Digital Spy

Komentar