walt disney

Alasan yang masuk akal.

Entah lo menyadarinya atau enggak tapi fakta menunjukkan bahwa di semua film Disney ada satu karakter yang jarang ada. Karakter itu adalah sosok seorang ibu. Kalo diingat-ingat lagi dari film animasi klasik "Snow White dan the Seven Dwarfs" sampai film yang baru, ada banyak banget yang nggak menghadirkan sosok ibu dalam cerita.

bambi

Di sebagian film emang ada yang menampilkan sosok ibu tapi mereka hanya muncul sebentar lalu meninggal contohnya aja di film "Bambi". Bahkan, ada juga beberapa film yang sama sekali nggak membahas soal ibu. Satu di antaranya adalah film "The Little Mermaid". Nah, kenapa sih 'formula' yang dipakai Disney selalu gitu? Apakah ini hanya sebuah kebetulan yang terbentuk tanpa sengaja atau ada alasannya? Setelah ditelisik, ternyata ada alasannya.

walt disney

Via Disney Institute

Banyak orang berspekulasi bahwa fakta ini punya hubungan dengan apa yang dialami oleh Walt Disney di dunia nyata. Ibu dari Walt Disney yakni Flora Disney meninggal dunia sejak awal tahun 1940-an. Sang ibu meninggal sesaat setelah mereka pindah ke rumah baru yang dibeli Walt setelah filmnya sukses. Ada masalah pada tungku pembakaran yang kemudian membuat orangtua Walt jadi sakit. Karena masalah itu, ibunya tidak bisa bertahan. Duka yang dialami oleh Walt dianggap jadi alasan kenapa dia sering membuat film di mana ibu dari tokoh utama meninggal.

beauty and the beast

Di sisi lain, ada fakta lainnya. Film yang dibuat oleh Walt Disney sebelum ibunya meninggal ternyata banyak yang nggak menceritakan sosok ibu karena itu didasarkan pada fairt tales. Nggak cuma itu aja, Don Hahn yang merupakan produser Disney memberikan penjelasan tambahannya. Menurutnya, menghilangkan sosok ibu adalah sebuah taktik untuk mempersingkat waktu jika film yang dibuat bertema pertumbuhan seseorang.

Komentar