"Ya. Dan tidak..."

 

Serial Game of Thrones (GoT) akhirnya berakhir setelah 8 musim. Sayangnya, musim terakhir serial tersebut nggak mendapat respon positif. Dua episode terakhir GoT dapet skor terendah sepanjang musim di situs Rotten Tomatoes, bahkan muncul petisi supaya HBO me-remake musim terakhir GoT. Sang penulis, George R. R. Martin, pun buka suara

"Bagaimana kisah ini akan berakhir? Tanya orang-orang kepadaku," Jelas Martin. "Apakah kisah ini akan berakhir sama dengan versi serialnya? Atau akan berbeda?"

Martin pun menjawab pertanyaan tersebut dengan jawab yang nggak pasti. "Ya. Dan tidak, Dan ya. Dan tidak. Dan ya. Dan tidak. Dan ya."

Walaupun nggak ngasih kejelasan, Martin menjelaskan bahwa semua karakter yang ada di buku yang nggak muncul di serial akan dapet perhatian di di novel mendatang, "Winds of Winter" dan "A Dream of Spring."

"Ada karakter yang nggak muncul di serial sama sekali, dan ada yang mati di serial tapi masih hidup di buku," tulis Martin. "Para pembaca nantinya akan mengetahui apa yang akan terjadi dengan Jeyne Poole, Lady Stoneheart, Penny dan babinya, Skahaz Shavepate, Arianne Martell, Darkstar, Victarion Greyjoy, Ser Garlan the Gallant, Aegon VI dan banyak karakter lain, baik besar maupun kecil, yang akan akan diperkenalkan yang tidak hadir di versi serial."

Gimana akhir novel ini menurut lo? Yuk kasih tau di kolom komen!

Komentar