Nggak ngagetin sih.

 

Menjadi film terlaris di dunia tentu butuh modal yang nggak sedikit. Dengan perkiraan budget hingga USD 356 juta, "Avengers: Endgame" diisi dengan sederet bintang besar dengan CGI mahal. Joe dan Anthony Russo, duo sutradara film ini pun memperkirakan bahwa salah satu adegan di film ini adalah adegan termahal sepanjang sejarah. Adegan tersebut adalah adegan pemakaman Tony Stark.

"Ada nilai bayaran yang sangat besar di adegan ini. Setidaknya ini hari termahal pemain figuran dalam sejarah film, selain Cleopatra," jelas Joe Russo.

Joe Russo juga memastikan bahwa seluruh jajaran pemain ada di adegan tersebut. Untuk memastikan hal tersebut, duo sutrada tersebut pun memilih lokasi yang dekat dengan bandara Atlanta.

Yang unik, para pemain nggak dikasih tau bahwa adean tersebut adalah adegan pemakaman. Alih-alih, mereka diinstruksikan bahwa adegan tersebut adalah adegan pernikahan.

"Mereka semua dibawa ke sana dengan alasan pengambilan gambar untuk pernikahan," jelas Joe. "Kami tidak dapat memberitahu mereka karena bisa jadi terjadi kebocoran ending dari film ini."

"Jadi mereka semua dibawa ke sana dengan dalih akan datang untuk pernikahan. Ketika hari pelaksanaan syuting kami mengarahkan untuk memakai pakaian hitam, dan mereka mengatakan ‘ini merupakan pernikahan yang aneh’," tambahnya.

Baca juga: Adegan Ini Dihapus dari Ending "Avengers: Endgame"

Komentar