ifdc awards 2014

Sebuah penghargaan dari sutradara untuk sutradara.

Buat lo yang belum tahu, Indonesian Film Directors Club (IFDC) adalah asosiasi sutradara film layar lebar Indonesia yang dibentuk pada 05 Mei 2012. Ada lebih dari 50 sutradara aktif yang udah bergabung jadi anggota dan masih terus berkembang. IFDC jadi tempat berkumpul, berbagi info dan pengalaman, serta saling mendukung antar sesama anggota sutradara.

Nah, tahun ini mereka menggelar sebuah ajang penghargaan pertama bernama IFDC Awards. Ini adalah ajang penghargaan bagi sutradara Indonesia, termasuk yang bukan anggota IFDC, buat pencapaian teknis dan estetika terbaik setiap tahunnya.

Sebelumnya sebagai rangkaian dari IFDC Awards 2014 ini, Sabtu (08/11) kemarin mereka mengadakan sebuah diskusi bertajuk Jejak 'gaya' Penyutradaraan Film Indonesia, bareng sutradara Garin Nugroho, Slamet Rahardjo, Riri Riza, dan Hafiz Rancajale.

Bakal ada 3 kategori penghargaan yang dipilih, yaitu : Pencapaian Terbaik Untuk Sutradara Film Panjang, Pencapaian Terbaik Untuk Sutradara Film Pertama, dan Pencapaian Terbaik Untuk Sutradara Film Pendek. Di tahun pertama penyelenggaraan, Joko Anwar didaulat sebagai ketua pelaksananya.

Nah berikut nominasi sutradara yang berpeluang mendapat Piala Prisma yang udah dipilih sama anggota IFDC melalui voting tahap pertama.


Nominasi Pencapaian Terbaik Sutradara Film Panjang :
1. 3 Nafas Likas (Rako Prijanto)
2. Cahaya Dari Timur (Angga Dwimas Sasongko)
3. Jalanan (Daniel Ziv)
4. Selamat Pagi, Malam (Lucky Kuswandi)
5. The Raid 2: Berandal (Gareth Evans)
6. Vakansi yang Janggal (Yosep Anggi Noen)

Nominasi Pencapaian Terbaik Sutradara Film Pertama:
1. Jalanan (Daniel Ziv)
2. Mari Lari (Delon Tio)
3. Sagarmatha (Emil Heradi)
4. Tabula Rasa (Adriyanto Dewo)
5. Vakansi yang Janggal (Yosep Anggi Noen)

Khusus buat kategori Sutradara Film Pendek Terbaik, pesertanya terbuka untuk umum alias siapapun bisa daftarin karyanya (produksi 2013-2014) dengan durasi maksimal 25 menit ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan menyertakan file film atau link dan daftar crew serta pemain. Batasnya sampe tanggal 15 November mendatang.

Semua nominasi bakal dipilih melalui voting di ifdclub.org dan pemenangnya bakal diumumkan pada awarding night IFDC Awards Sabtu, 22 November mendatang. IFDC Awards bakal digelar di Dia.Lo.Gue Art Space Kemang, Jakarta Selatan dengan menghadirkan juga diskusi seru bareng deretan sutradara muda, seperti Joko Anwar, Ifa Isfansyah, Hanung Bramantyo, Edwin, dan Riri Riza. Mereka bakal ngobrolin tentang Sutradara Film Indonesia Hari Ini: Mooi Indie, Penjaga Moral, atau Hipster? Termasuk juga sutradara-sutradara lain yang juga bakal hadir pastinya.

Selamat memilih guys!

 

Komentar