film melancholy is a movement

Dari sutradara, aktor sampe penata musik bakal bermain jadi diri sendiri.

Sutradara Richard oh siap merilis film terbarunya berjudul Melancholy is A Movement (MIAM). Sebuah film drama seputar orang-orang film dan tentang cita-cita seorang filmmaker di industri film yang kadang nggak selaras dengan aspirasi pencapaian yang diinginkannya.

Makanya yang jadi pemeran film ini adalah mereka yang para filmmaker itu. Sebut aja Joko Anwar yang berperan sebagai Joko Anwar (sutradara), karakter utama di film ini. Selain itu nama seperti Upi Avianto, Ario Bayu, Fachry Albar, Amink, Karina Salim, Alex Abbad, Renata Kusmanto, Hannah Al Rashid, Tengku Ryo, Ardy Oktavian, Lance, Aghi Narottama (film composer), dan deretan sineas lain.

"Film ini semacam permainan narasi. Sebagai contoh, semua pemain bermain sebagai diri mereka sendiri, namun ketika dimasukkin ke sebuah medium fiksi mereka otomatis menjadi karakter-karakter fiksi. Di sini saya kira eksplorasi film terbaru saya. Selain juga saya mencoba eksplorasi di film ini adalah bagaimana mematahkan struktur plot namun film ini tetap bisa terbangun dengan organ-organ yg kuat." aku Richard dalam wawancara dengan P! melalui email.

Buat yang belum tahu, Richard Oh adalah sutradara film sekaligus penulis novel. Film pertamanya berjudul Koper (2006) berhasil masuk di Jogja Asian Film Festival 2006 (In Competition), Singapore International Film Festival 2007 (Official Selection), Bangkok International Film Festival 2007 (In Competition), Lyon Asian Film Festival 2007 (In Competition), dan Berlin Asian Film Festival 2008 (Official Selection). Sementara buat karya novelnya antara lain, The Pathfinders of Love (1999), Heart of the Night (2000), dan The Rainmaker’s Daughter (2004). Saat ini dia juga lagi sibuk menyiapkan penggarapan film adaptasi karya Pramoedya Ananta Toer berjudul Perburuan  yang bakal diproduksi mulai tahun depan bersama Falcon Pictures.

Sebenernya, Melancholy is A Movement adalah film ketiga Richard Oh. Tapi karena film keduanya, Description Without Place belum dirilis secara resmi, membuat MIAM jadi film keduanya yang bakal dirilis sekitar bulan Januari atau Februari 2015.

Wah, ini jadi salah satu film yang harus masuk list buat ditonton tahun depan nih.

 

 

(Foto: dok. Richard Oh)

Komentar