film Nay Djenar Maesa Ayu

Film bersudut pandang perempuan dan persoalannya di kehidupan perempuan Indonesia masa kini.

Sutradara satu ini emang selalu mengangkat soal perempuan sebagai tema didua filmnya. Begitu juga sama film yang bakal digarap sama Djenar Maesa Ayu bulan Februari mendatang.

Film produksi Rumah Karya Sjuman Film ini mengangkat soal perempuan lewat karakter Nay. Bersinopsis tentang Nay yang mengetahui dirinya sedang mengandung janin berumur 14 minggu dan ingin membagi kabar tersebut kepada pacarnya, Ben. Tapi ternyata Ben, lebih mementingkan Ibunya daripada persoalan yang seharusnya butuh solusi segera.

Masalah jadi tambah rumit, setelah Nay menerima telpon dari seorang produser film yang menyatakan kalo dia terpilih sebagai pemeran utama. Nay pun kemudian menghubungi managernya, Ayu dan menceritakan apa yang sedang dihadapinya. Lagi-lagi Nay harus menerima kenyataan kalo ternyata Ayu cuma mementingkan karir belaka.

Nay harus menghadapi berbagai macam fakta dan ragam sifat manusia yang sebenernya, mulai dari Ben, Ayu, Mami Ben, sampe Pram (laki-laki yang Nay pikir bisa diandalkan) dan masa lalunya yang kelam dari figur Ayah dan Ibu. Semua Nay hadapi melalui obrolan telepon dalam perjalanannya menggunakan mobil.

Yup, film ini emang hampir keseluruhan adegannya dilakukan dalam sebuah mobil di malam hari dengan cuma satu karakter. Djenar mengaku terinspirasi dengan salah satu karakter pertunjukan Monolog Tiga Perempuan bernama Nayla yang diperankan oleh Sha Ine Febriyanti. Nah, dia pun mencoba mengangkat struktur monolog itu ke dalam film Nay ini.

Selain Ine, yang bakal terlibat sebagai pengisi suara ada Niniek L Karim, Joko Anwar, Farishad Latjuba, dan Paul Agusta. Sementara di balik layarnya, adalah orang-orang penggarap film-film, seperti Habibie & Ainun, Pintu Terlarang, Janji Joni, 5cm, Supernova, Lovely Man, The Raid, Rumah Dara, dan Sang Pencerah.

Film ketiga Djenar Maesa Ayu, setelah film Mereka Bilang, Saya Monyet! (2005) dan SAIA (2006) ini baru bakal digarap pertengahan Februari mendatang. Nah, saat ini mereka lagi menggalang dana buat produksi filmnya. Jadi buat kalian yang pengen terlibat dengan film yang P! perkirakan bakal keren ini, silahkan langsung kunjungi website ini

Film ini bakal tayang pada bulan April 2015.

 

 

(Foto: wujudkan.com)

Komentar