Film Sunya

Lewat film ini, Harry Dagoe ingin berbicara soal klenik dan rasional yang berjalan beriringan.

Orang-orang di negeri ini kayak dua sisi mata uang. Ya, ketika mereka udah fasih banget berteknologi canggih, shopping ke luar negeri, dan melakukan banyak hal modern, di saat yang sama juga mereka masih percaya buat menjalani hidup dengan hal-hal perkelenikan dalam berbagai tujuan. Peristiwa keseharian yang unik ini yang akhirnya menginspirasi Harry Dagoe buat menciptakan skenario film Sunya.

Bergenre thriller dengan setting budaya Jawa, film ini bercerita tentang sebuah perjalanan hidup spiritual yang sureal dan enigmatic seorang tokoh utama bernama Bejo. Harry selaku sutradara, penulis, dan produser dalam film ini pengen mengangkat budaya Jawa, karena dalam budaya tersebut unsur rasional dan klenik berjalan beriringan.

"Kadang buat memahami orang Jawa, nggak cukup dengan memandangi mata orang Jawa dengan seksama. Tapi, harus mencongkel matanya dan membelah dadanya untuk melihat langsung ke pikiran dan perasaan mereka. Selain itu, kadang perspektif tersendiri dari kebanyakan film yang cukup keliru bagi saya menggambarkan budaya Jawa," kata Harry via email dengan P!.

Sebenernya, film ini udah direncanakan sejak 3 tahun lalu. Harri mengaku butuh proses panjang dan nggak boleh asal-asalan buat memindahkan budaya Jawa dalam bentuk sinematografi film. Sayang belum tahu pasti, kapan film ini bakal tayang di bioskop. Tapi dari official twitter Film Indonesia diketahui kalo Sunya adalah salah satu film Indonesia yang bakal diputer tahun ini. Jadi baiknya, dimasukin list waton (wajib tonton) dulu aja. Nih, silahkan simak trailernya!

Komentar