EFX Film Forum 2015

Dimulai dengan EFX Film Forum: France in Focus yang berlangsung pada 27-30 Maret 2015 di Jakarta.

Geliat industri film Indonesia makin ke sini makin kayaknya menunjukkan ke arah yang optimis. Nggak cuma soal kuantitas tapi kualitas juga jadi hal serius yang terus ditingkatin. Walaupun, masih ada juga film yang....ya gitu deh. Ya, ini karena film dianggap jadi media soft power paling lengkap dan populer dalam menampilkan kebudayaan suatu negara lewat, seni visual, musik, budaya, keindahan alam, dan juga fesyen.

Nah, dalam upaya membenahi industri film Indonesia itulah, makanya digelar Equator Film Expo 2015 (EFX). Sebuah forum baru yang memfasilitasi, mengembangkan, dan menghubungkan industri film Indonesia dengan industri film regional dan internasional di seluruh dunia.

Ada tiga kegiatan utama dalam EFX 2015, yakni Film Forum, Film Fair, dan Film Festival. Nah mengawali penyelenggaraannya, pada 27-30 Maret 2015 bakal hadir EFX Film Forum 2015 di Institut Francais Indonesia (IFI), XXI Plaza Indonesia dan Sky Bar & Restauran. Tema yang diusung EFX Film Forum 2015 adalah France in Focus.

Selama 4 hari itu, EFX Film Forum 2015 bakal diisi sama deretan seminar, konferensi, workshop, masterclass dan panel dengan pembicara para tokoh penting industri film Perancis yang sengaja langsung didatangkan ke sini buat bertemu dan bertukar ilmu, serta pengalamannya dengan penggiat film Indonesia. Sekaligus bisa jadi peluang membuka kerjasama dengan penggiat film internasional.

Sebut saja Pascal Luneau, pelatih akting yang udah banyak mengajar pemain film kelas dunia. Bruno Chatelin co-founder FilmFestivals.com (portal industri film internasional terbesar di dunia). Sonia Mariaulle, ahli di bidang pembuatan trailer. Lalu Carole Joly, Claire Chauvat, Anne SanchezMichael Burstein, dan Oliver Doyen. Semunya akan membahas tentang pra, produksi, pasca produksi sebuah film. Termasuk soal promosi dan penjualan film di pasar internasional.

Oh ya, di EFX Film Forum 2015 juga bakal ada pemutaran terbatas dua film Indonesia, Filosofi Kopi (Angga Sasongko) dan Guru Bangsa Tjokroaminoto (Garin Nugroho) yang baru rilis di bioskop pada 9 April 2015.

EFX Film Forum 2015 digelar atas dukungan Kementrian Pariwisata, Kementrian Perdagangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Badan Perfilman Indonesia, Institut Francais Indonesia (IFI), Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI), Indonesia Film Directors Club (IFDC), Penulis Indonesia untuk Layar Lebar (PILAR), Rumah Aktor Indonesia (RAI), Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI).

Buat kalian yang pengen ikut acara ini, bisa langsung cari tahu di situsnya equatorfilmexpo.com . Karena ada beberapa seminar dan workshop yang terbuka untuk umum.

 

 

Komentar