5 film nasionalis wajib tonton

Wajib banget ditonton!! 

 

Belajar itu bisa dari mana aja, termasuk dari film. Film ngajarin kita banyak hal seperti nilai-nilai kehidupan juga nasionalisme. Nah film-film yang tepat untuk belajar nasionalisme adalah film-film buatan anak bangsa. Karena selain lebih dekat sama kita tentu kualitasnya nggak kalah dengan kualitas film luar. 

Nah kali ini, Provoke! mau ngasih tau lima film yang ngebahas nasionalisme dan yang wajib banget lo tonton. Apa aja? Nih!

Laskar Pelangi (2008)

laskar pelangi

Laskar Pelangi adalah judul film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata pada tahun 2005 yang berjudul sama. Film, yang disutradarai oleh Riri Rizal, ini berkisah tentang perjuangan seorang guru dan murid di Belitong yang ingin menggapai cita-cita di tengah kehidupan mereka yang berat. Kita juga bisa lihat kisah miris dunia pendidikan di Indonesia di mana sebuah sekolah yang kekurangan murid hendak ditutup. Namun, semangat belajar dari murid-murid ini patut diacungi jempol. Film ini bikin kita belajar bersyukur sama hidup kita saat ini. Di sisi lain, film ini menjadikan kita juga paham kalo di kota lain di Indonesia, masih banyak saudara kita yang kurang beruntung. Jadi kudu semangat belajar supaya bisa membangun bangsa ini sampai ke daerah-daerah kecil Indonesia. 

Gie (2005)

gie

Masih film dari Riri Riza, kali ini film Gie! Film yang dibintangi oleh Nicholas Saputra ini memenangkan banyak penghargaan. Film ini bercerita tentang seorang mahasiswa UI yang juga aktivis dan pecinta alam bernama Soe Hoek Gie. Bagaimana Gie dengan idealismenya ikut turun ke jalan menurunkan orde baru. Film ini diangkat dari buku Catatan Seorang Demonstran yang ditulis oleh Gie. Film ini ngajarin kita untuk nggak antipati terhadap kondisi bangsa ini. Apapun suku, agama, ras kita, sebagai warga negara Indonesia kita wajib berkontribusi untuk negara ini kayak Gie yang keturunan China tapi juga ikut aksi melawan kekejian Orde Baru demi Indonesia yang lebih baik. 

5 cm (2012)

5cm

Buat yang senang naik gunung bakalan menikmati banget nonton film ini nih.. Yap! Karena film 5 CM ini setting-nya di gunung! Diangkat dari Novel National Bestseller ‘5cm’ karya Donny Dhirgantoro, film ini kemudian disutradarai oleh Rizal Mantovani dan diproduseri oleh Sunil Soraya. 5 CM mengisahkan cinta dan persahabatan 5 orang yang merasa jenuh dengan persahabatan mereka, kemudian memutuskan berpisah untuk sementara dan kembali merayakan pertemuan mereka dengan mendaki Gunung Semeru. Film ini ngasih liat kita keindahan pemandangan Indonesia, yakni Gunung Semeru. Film ini juga menyelipkan beberapa pesan moral yang ngena banget di hati dan bisa membuka pikiran, asikk! (tapibenerkokgais! :p)

Tanah Surga Katanya (2012)

tanahsurga

Tanah Surga, Katanya adalah film yang menceritakan tentang keluarga kecil di dusun dekat kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia. Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2012 yang disutradarai oleh Gatot Brajamusti (Eks. Pro), Deddy Mizwar (Eks. Pro), dan Bustal Nawani (Pro.) ini menggambarkan betapa tanah air perlu dicintai. Rasa Nasionalisme yang disuguhkan oleh film ini patut diacungi jempol gais, sebab memiliki sindiran yang dirangkai begitu baik sehingga bisa menyadarkan penonton akan kurangnya nasionalisme mereka terhadap Indonesia. 

Kartini (2017)

Film yang satu ini belom lama tayang di bioskop. Film yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo ini merupakan film biografi dari tokoh perjuangan emanspasi wanita Indonesia, Ibu Kartini. Film ini menjadi penampilan ketiga Kartini di layar lebar setelah biografi R.A. Kartini (film) (1984), dan kisah fiksi asmara Kartini Surat Cinta Untuk Kartini (2016). KARTINI disutradai oleh salah satu sutradara Indonesia terbaik yaitu Hanung Bramantyo. Lewat film ini kita diajarin untuk menghargai hak perempuan. 

Nah kira-kira itu lima film yang ngajarin kita soal nasionalisme. Film-film dalam negeri ini nggak kalah sama film luar negeri. Jadi film ini wajib banget ditonton! Kalo lo ada film dalam negeri favorti yang ngangkat tema nasionalisme juga nggak? Kalo ada share ya di kolom komentar! 

Komentar

Login to P!