mbahsri-660x330.jpg

Film Ziarah besutan sineas Yogyakarta berhasil bikin bangga Indonesia di dunia internasional, lho!

Percaya deh! Film Indonesia itu emang banyak prestasinya. Salah satunya adalah Ziarah, film independen besutan sineas muda asal Yogyakarta, B.W Purba Negara ini berhasil memboyong pulang dua penghargaan di ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017. AIFFA adalah festival film tingkat ASEAN yang mempromosikan film-film ASEAN ke pasar film dunia. AIFFA juga membangun kolaborasi jejaring dunia industri film di ASEAN, dengan mempertemukan para distributor film dan tamu untuk pengembangan bisnis perfilman.

aiffa_2.jpg

Ziarah sendiri mendapatkan penghargaan untuk kategori Best Screenplay dan Special Jury Award di Kuching, Serawak, Malaysia. Malam penganugerahan AIFFA berlangsung di Pullman Hotel, 1A Jalan Mathies, Kuching Serawak, Malaysia pada Sabtu, 6 Mei 2017. "Semoga prestasi ini bisa menginspirasi teman komunitas film untuk meraih prestasi yang levih gemilang di masa mendatang," kata BW Purba Negara.

Nah, kalau ngobrolin alur cerita, film ini bercerita tentang perjalanan si Mbah Sri (Ponco Sutiyem), seorang nenek berusia 95 tahun yang sedang mencari makam suaminya. Rupanya, suami Mbah Sri adalah salah satu korban yang hilang saat zaman Agresi Militer Belanda ke-2. Diperjalanannya tersebut, Mbah Sri ternyata memiliki suatu tujuan yaitu pengen dimakamkan di samping suaminya. Ya amponnn sedih *nangis bombay*. Beruntungnya, film ini bakalan diputar di bioskop nasional mulai tanggal 18 Mei 2017. Wihi, dicatat tuh tanggal mainnya, yak!

image-7.jpeg

Sebelumnya, ternyata Ziarah udah pernah dapet penghargaan nih. Di antaranya adalah film terbaik di Salamindanaw Film Festival 2016, Skenario terbaik ASEAN International Film Festival and Awards 2017, dan nominasi penulis skenario terbaik Festival Film Indonesia 2016. Ziarah menjadi film perjalanan yamg digarap secara independen beranggaran minim. Film ini dimainkan oleh Ponco Sutiyem, Rosadi dan Ledjar Subroto. BW Purba sebagai produser melibatkan BR Purbanegara Films, Limaenam Films, Lotus Cinema, Hide Projects Films, Super 8mm Studio dan Goodwork untuk menggarap film ini. Wah, nggak sabar neh pengen lihat yes! Buat yang penasaran gimana super kerennya film ini, nih P! kasih video trailer-nya yak.

Komentar