5-alasan-menonton-film-ziarah-di-bioskop-3.jpg

Film karya sineas Indonesia ini nggak kalah bagusnya dengan film Hollywood, lho.

Kata siapa Indonesia nggak punya film yang berkualitas? Syalah! Nih, P! baru aja nemu ada film karya dari sineas Indonesia yaitu BW Purba Negara, beliau adalah orang asli Yogyakarta, gengs. BW Purba Negara ternyata baru aja bikin film berjudul Ziarah yang mulai bisa lo tonton Kamis, 18 Mei 2017. FYI, walaupun baru aja tayang, ternyata film ini udah memboyong dua penghargaan level internasional di gelaran ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017.

Singkat cerita sih, film ini bercerita tentang perjalanan si Mbah Sri (Ponco Sutiyem), seorang nenek berusia 95 tahun yang sedang mencari makam suaminya. Rupanya, suami Mbah Sri adalah salah satu korban yang hilang saat zaman Agresi Militer Belanda ke-2. Diperjalanannya tersebut, Mbah Sri ternyata memiliki suatu tujuan yaitu pengen dimakamkan di samping suaminya. 

P! mewajibkan banget lo nonton film ini, karena..

1. Lo Bakalan Sadar Kalau Bakat Akting adalah Milik Segala Usia

5-alasan-menonton-film-ziarah-di-bioskop-2.jpg

Yap, tokoh utama dari film ini adalah Ponco Sutiyem yang berperan sebagai Mbah Sri. As you know it, Mbah alias nenek yang satu ini usianya udah tua banget. Berapa coba? 95 tahun. Gils! Bahkan belum lama ini Mbah Ponco Sutiyem mendapatkan nominasi Aktris Terbaik di ASEAN International Film Festival 2017. Tuh kan, bakat akting itu nggak mengenal usia. Buat lo yang pengen menggeluti dunia akting, jangan sampai kalah semangat sama Mbah Ponco ya hehe.

Nggak cuma itu, di film ini lo bakalan melihat kepedihan yang dirasakan oleh karakter Mbah Sri. Coba lihat nanti di bagian goresan wajahnya, tatapan wajahnya yang teduh, sampai body language-nya. Bakalan bikin lo mengaga dan bilang awesome *menangis terharu*

2. Alur Cerita yang Bagus

Ziarah merupakan salah satu film berjenis road movie, dimana film ini bertumpu pada sebuah perjalanan. Film Ziaraha juga menggambarkan suka duka perjalanan protagonis yang nggak gampang banget. Bedanya, film Ziarah bakalan kasih lo pengalaman spiritual dan magis yang mampu membuat penonton untuk berhenti dan berpikir kembali tentang sejarah dan masa lalu. Apalagi latar belakang film berada di Gunung Kidul, makin mendukung deh unsur spiritual dan magisnya.

3. Film yang Berkualitas!

BW Purbanegara adalah seorang sineas film yang ciamik! Karya-karyanya sebelum Ziarah beberapa patut diacungi jempol, seperti Cheng Cheng Po, dan Bermula Dari A yang merupakan film pendek. Kedua film pendek karya BW tersebut telah meraih penghargaan juga yaitu Pemenang Piala Citra Film Pendek Terbaik 2008, Pemenang Konfiden Award Festival Film Pendek Konfiden 2007. 

Nah, film pendeknya aja udah dapet banyak penghargaan, udah kebukti bagusnya nih! Apalagi Ziarah yang bahkan belum tayang udah dapet penghargaan aja hehe. Pasti bagus bet!

5-alasan-menonton-film-ziarah-di-bioskop-1.jpg

4. Statement Tentang Sejarah

BW Purbanegara mengutarakan bahwa statement film ini adalah tentang upaya untuk berdamai dengan masa lalu. Statement yang menurut P! cukup kuat tergambarkan dalam adegan demi adegan di film Ziarah. Sinematografi yang kuat oleh Gumilang Almas, DP yang sudah sering bekerjasama dengan Purba, juga berhasil mempekuat kesan ini.

5. Backsound Film yang Bakalan Bikin Lo Menangis Tersedu-Sedu

Film bagus juga didukung kuat dengan musik yang bagus. Film Ziarah ini dikemas apik musiknya oleh Clemens Felix Setiyawan dan Miyoshi Masato. Saking bagusnya, setiap lagu yang dilantunkan dalam film ini berasa pas banget dengan setiap adegan film. Dijamin, P! tebak lo pasti bakalan terenyuh, tersayat-sayat hatinya huhu.

Daaaan, itulah lima alasan yang P! kasih buat kalian kenapa kudu banget nonton film Ziarah. Buruan gih langsung ke bioskop sebelum kehabisan tiket! Buat yang belum tahu bioskop mana aja yang muter film Ziarah, nih P! punya lokasinya!

Komentar