161559307_635d0b.jpg

Spoiler tipis-tipis nih, hehe.

Bravo buat Christopher Nolan! Setelah film Interstellar yang rilis tahun 2014 kemarin, kali ini Nolan merilis film terbarunya yang berjudul Dunkirk. Kalau lihat poster film sekaligus trailer filmnya nih, ini film pasti tentang perang-perangan. Nih, coba lihat di bawah ini.

Buat lo yang belum lihat filmnya, P! kasih spoiler tipis-tipis ya hehe. Tapi jangan sedih, nggak banyak dan tetep bikin penasaran kok.

1. Dunkirk Berasal dari Kisah Nyata

As you know it, film yang berduari 107 menit ini adalah adaptasi dari kisah nyata Perang Dunia (PD) II. Nah, PD II yang mana nih? Kan perangnya besar tuh. Dunkirk adalah salah satu kisah yang ada di dalam sejarah PD II di mana kala itu terdapat 400.000 tentara gabungan Inggris dan Prancis berusaha untuk bertahan hidup dan keluar dari sebuah kota bernama Dunkirk yang ada di Prancis. Kota ini rupanya yang telah dibombardir dan dikepung oleh 800.000 lebih tentara Jerman, maka dari itu seluruh tentara gabungan Inggris dan Prancis tersebut dalam keadaan yang terhimpit.

mv5bzjhmmdu4njktnda5yy00nwzllwfhn2utztkxmwvjnzrinjhixkeyxkfqcgdeqxvynjuxmjc1otm-v1-sx1777-cr0-0-1777-742-al_orig.jpg

Kalau lo salah satu pecinta sejarah, lo pasti tahu betapa bombastisnya peristiwa Battle of Dunkirk atau Peperangan Dunkirk dalam sejarah Perang Dunia. Dari peristiwa ini, sekitar hampir 330.000 jiwa berhasil dievakuasi dari Dunkirk dengan bantuan. Nggak cuma tentara, tapi juga warga sipil yang ikutan buat bantuain evakuasi juga diangkut. Hmm, udah bisa bayangin nggak nih betapa dramatisnya peristiwa ini? Apalagi kalau menjadi salah satu dari 400.000 orang tersebut, sungguh pengalaman psikologi yang tak terlupakan.  

2. Film Perang yang Menghadirkan Rasa Trauma Tersendiri

Film karya Nolan seperti The Dark Knight, Interstellar, Memento, Inception, dan Man of Steel adalah salah satu yang bisa lo jadikan contoh kalau doi selalu membawa nuansa dark, dan glommy di karyanya. Begitu juga dengan Dunkirk yang sedari awal membuat lo bakalan masuk ke dalam nuansa kelam. Sedang di sisi lain, Nolan membuat Dunkirk juga memiliki nuansa yang teduh dan indah dengan alunan musik sendu. Lo nggak bakalan tuh nemu bunyi ledakan ala Fury (2014), dan scne chaos ala Hackshaw Ridge (2016).

mv5bmjq1otyzmdc3n15bml5banbnxkftztgwnjgyndy4mji._v1_sx1500_cr001500999_al_.jpg

Di film ini, lo bakalan merasakan bagaimana Nolan adalah salah satu director yang detail dan bisa menghadirkan pengalaman dari kisah film tersebut ke penonton. Dengan penambahan backsound yang detail seperti suara ledakan (walaupun nggak terlalu sering namun membekas), suara napas, teriakan, degup jantung, dan desingan peluru. Semuanya bakalan menancap di isi kepala lo sampai pulang dari bioskop.

3. Terbagi Menjadi 3 Situasi

Film ini terbagi menjadi 3 situasi yang masing-masing seluruhnya menggambarkan detail gimana situasi Dunkirk kala itu. 3 situasi itu adalah The Mole atau tanggul, The Sea atau pantai, dan The Air atau udara.

The Mole sendiri bercerita tentang Tommy, seorang tentara Inggris yang berusaha survive biar bisa pulang ke rumahnya. Di kisahnya ini, Gibson dan Alex ikut berperan untuk mendukung cerita dari sudut pandang ini.

mv5bytzmn2mwzgetmtnmyy00yjg3ltkyzgqtm2izntc4nznmodiyxkeyxkfqcgdeqxvynjuxmjc1otm._v1_sx1777_cr001777737_al_.jpg

Lanjut yang kedua adalah The Sea, kisah dari Tuan Dawson seorang penduduk lokal yang mengemudikan kapal kecil dengan anaknya, Peter. Dua orang ini berusaha untuk menyelamatkan para tentara.

mv5bmjaxmty3mtg5nl5bml5banbnxkftztgwnjcyndy4mji._v1_sx1500_cr001500999_al_.jpg

Terakhir adalah The Air yang mengisahkan seorang pilot Royal Air Force bernama Farrier dan Collins. Dua pilot ini berusaha untuk mengalahkan pesawat tempur musuh.

mv5bmmy4yjq5ndgtmwzimy00n2eylthiy2ytzjbkzgrjmmrhnzk4xkeyxkfqcgdeqxvynjuxmjc1otm._v1_sx1777_cr001777741_al_.jpg

Dan hebatnya, walaupun terbagi menjadi 3 situasi yang beda, seluruh cerita ini sambung menyambung menjadi satu tanpa ada jumping. 

4. Teknik Pengambilan Gambar yang Nggak Biasa

Teknik pengambilan gambar yang oke juga menjadi salah satu daya tarik dari film ini. Adegan perang pakai pesawat tempur bakalan kerasa intens banget karena posisi pengambilan gambar beberapa kali diambil dari sudut pandang sang pilot tempur yang lagi mengendalikan pesawat. Bisa bayangin tuh gimana deg-degannya ya kan. 

5. Film yang Nggak Menonjolkan Sisi Personal Seorang Tokoh

Nope, ternyata bukan sisi personal yang ingin ditampilkan oleh Nolan di film ini. Film yang bahkan minim dialog ini lebih tepatnya ingin penonton mengetahui bagaimana peristiwa Dunkirk itu sendiri. Meskipun dalam kredit setiap karakter memiliki nama dan peran, namun bagian paling menojol adalah bagaimana mirisnya keadaan Dunkirk kala itu dan besarnya rasa putus asa beberapa tentara yang ada di sana. Semua pendekatan tokoh dalam film ini dibuat sama rata, tidak ada karakter yang paling mencuat dari yang lainnya. Jadi selama lo nonton film ini, dijamin deh lo bakalan fokus banget dengan jalan ceritanya.

mv5bmtgxnjq3odcxml5bml5banbnxkftztgwnte5ode1mji._v1_sx1777_cr001777744_al_.jpg

6. Penggambaran Negara Musuh yang Diburamkan

Walaupun secara nyata lo tahu kalau film ini terjadi saat PD II di mana kala itu terdapat 400.000 tentara gabungan Inggris dan Prancis berusaha untuk bertahan hidup sekaligus melarikan diri dari kepungan 800.000 lebih tentara Jerman, tapi Nolan sama sekali tidak menyebutkan secara terang-terangan siapa negara musuh dari peristiwa ini. Hmm, belakangan diketahui kalau Nolan sengaja membuat hal ini misterius karena pengen penontonnya penasaran dan mencoba buat cari tahu tentang fakta sesungguhnya dari Battle of Dunkirk. 

mv5bmjg4zwqwn2mtndmwni00zjgxltk5njutmgzjowvkmjdhzgu5xkeyxkfqcgdeqxvymzc0oda1mjm._v1_.jpg

7. Debut Film Harry Styles

Masih inget sama boyband namanya One Direction nggak? Nah, personel mereka yang namanya Harry Styles adalah salah pemeran di film Dunkirk ini. Styles berperan sebagai tentara bernama Alex yang kisahnya ada di situasi The Mole. Tapi walaupun nama Styles begitu populer, porsi peran yang dia mainkan rupanya tidak mencuri perhatian lebih. Hmm, ya lumayan lha ya, bisa lihat Styles selain jadi penyanyi hehe.

mv5bywnhzmm3mwitoddlmy00nmixltgyn2itnjgxy2y5zdjkn2i3xkeyxkfqcgdeqxvynjaymji3ntu._v1_.jpg

Segitu aja spoiler tipis-tipisnya, jangan kebanyakan nanti masuk angin. Kalau belum nonton, buruan nonton deh keburu habis filmnya, hehe.

Komentar