film banda

Belajar sejarah bangsa dari pulau kecil di Timur Indonesia

 

Mungkin hampir semua orang ketika mendengar kata sejarah langsung merasakan kebosanan. Iya karena biasanya sejarah yang diajarkan di sekolah-sekolah menggunakan metode yang kurang menarik. Sehingga pelajaran sejarah hanya ditanggapin sekadarnya saja. Hanya sebagai formalitas. Nilai bagus tanpa memahami esensi setiap kejadian yang tercatat dari sejarah.

Namun sebenarnya sejarah memiliki penting untuk kehidupan kita di masa kini dan masa depan. Sejarah menjadi sebuah pembelajaran berharga untuk kita hidup sebagai individu. Untuk itu sejarah bangsa pun memiliki peran penting untuk masa depan.

Ada banyak cara yang menyenangkan untuk belajar sejarah. Mulai dari membaca, mendengarkan cerita orang hingga menontonnya di sebuah film.

Beberapa hari lalu, Provoke! menonton sebuah film dokumenter soal sejarah Indonesia. Yakni film 'Banda: The Dark Forgotten Trail'. Film dokumenter ini disutradarai oleh Jay Subiakto bercerita tentang masa jaya pulau Banda beratus-ratus tahun lampau.

Biji pala merupakan daya tarik dari pulau di timur Indonesia ini. Para pedagang dari berbagai negara berbondong-bondong datang untuk membeli Pala. Pesona Pala Banda pun mendorong bangsa Eropa untuk menguasai pulau ini.

Dokumenter yang dinaratori oleh Reza Rahardian dan Ario Bayu ini dipenuhi visual keindahan Pulau Banda. Benteng-benteng tua dan laut yang indah menyimpan cerita tumbuh kembang pulau ini.

Selain itu Pulau Banda juga menjadi tempat pembuangan para tokoh Indonesia, seperti Sutan Syahrir dan Bung Hatta. Meski "dibuang", salah dua tokoh ini memberikan dampak positif terhadap perkembangan Pulau Banda dari segi pendidikan.

Banda pun mengalami percampuran akibat kerja paksa yang diterapkan oleh Belanda. Sejak saat itu, Banda bercampur dengan suku lain di Indonesia membuat Banda menjadi multikultural dan memiliki keberagaman.

Tidak hanya bercerita tentang masa lampau, dokumenter ini juga bercerita tentang kondisi Pulau Banda sekarang. Biji Pala tidak lagi menjadi primadona akibat sistem pengelolaan yang buruk. Budaya pun semakin ditinggalkan oleh para generasi muda.

Banda dengan segala keindahannya dan sejarah yang membentuknya merupakan bagian dari Indonesia yang juga perlu diperhatikan. Tidak hanya melalui biji pala tapi juga kandungan sejarah pulau tersebut pun bisa menjadi kekuatan dan berkembangnya Banda.

Menurut Provoke! film ini menjadi salah satu film wajib tonton buat kamu anak-anak muda. Dengan menonton film ini membuat kita belajar banyak soal sejarah di luar yang kita pelajari di sekolah.

Tidak hanya itu, visual keindahan Banda menjadi daya tarik tersendiri yang memuaskan kita sebagai penonton. Jadi jangan nunggu lama! Buruan nonton film 'Banda: The Dark Forgotten Trail' di bioskop!

Komentar