ghoststory.jpg

Sebuah film hantu dengan sudut pandang si hantu.

Siapa bilang film tentang hantu harus seram dan selalu bikin kaget? Nggak harus! Itu sebabanya lo kudu banget nonton "A Ghost Story", sebuah film hantu yang dibuat oleh David Lowery, sutradara dari film Pete's Dragon dan Ain't Them Bodies Saints. Film yang diperankan oleh Casey Affleck dan Rooney Mara ini memiliki garis besar mengenai sudut pandang seorang hantu yang tak bisa merelakan kepergiannya di dunia.

Alih-alih membuat takut penonton gegara judulnya mengandung hantu, namun di film ini lo bakalan melihat secara luas tentang kisah cinta, kesendirian, tujuan hidup dan tentang berjalannya waktu. P! bakalan kasih alasan kenapa lo kudu banget nonton film ini karena...

1. Penampilan Cassey Affleck yang Misterius

Cassey Affleck yang merupakan adik dari Ben Affleck (pemeran Batman dan Daredevil) di sini berperan sebagai "C", suami dari "M" yang diperankan oleh Rooney Mara. Di film ini, "C" adalah seorang suami yang berprofesi sebagai musisi yang sangat mencintai istrinya. Di tengah perjalanan cerita, "C" mengalami kecelakaan yang mengakibatkan dirinya terbunuh dan meninggal.

ghoststory1.jpg

Setelah itu, "C" berubah menjadi hantu yang 'bercokol' di rumahnya. Sayangnya, ketika "C" menjadi hantu, dirinya masih tidak bisa menerima keadaan tersebut sehingga dia bergentayangan di rumahnya dan nggak bisa move on. Ketika menjadi hantu, "C" berubah wujud seperti hantu klasik di cerita masyarakat, kain putih panjang yang menjuntai dan memiliki lubang pada bagian mata. Saat "C" menjadi hantu, lo bakalan melihat penampilan Cassey Affleck yang sangat misterius. Kita bahkan nggak tahu apakah di dalam kain tersebut apakah benar ada Cassey Affleck hehe.

aghoststory2.jpg

2. Film Hantu Tanpa Jump Scare

Walaupun ceritanya tentang hantu dan dari sudut pandang kehidupan hantu, namun kerennya nih film nggak ada momen jump scare-nya. Namun, David Lowery tidak melupakan trope-trope pada horor kebanyakan. Seperti buku yang jatuh sendiri, lampu yang mendadak mati dan hidup, suara aneh waktu malem hari. Tapi di sini, lo bakalan nggak dibikin kaget atau takut gegara penampakan tersebut. Melainkan lo malah memaknainya lebih dalam lagi dari fenomena tak terjelaskan itu.

aghoststory3.jpg

3. Minim Dialog Namun Berisi Monolog Berbobot

Jangan harap akan banyak dialog di film ini! Karena David Lowery emang sengaja membuatnya seperti itu. Doi lebih memilih sebuah menampilkan monolog yang berbobot di film ini. Yang pertama adalah pada bagian awal opening film, lo bakalan menemukan kata-kata, "Whatever hour you woke there was a door shutting,” yang diambil dari buku  “A Haunted House," karya Virginia Woolf yang bercerita mengenai pengalaman dalam sebuah kehidupan.

aghoststory4.jpg

Selain itu, di tengah-tengah cerita, lo bakalan menemui seorang pria tak bernama yang bercakap-cakap di ruang makan saat lagi pesta. Pria ini ngobrol panjang lebar tentang manusia dan usaha yang dilakukan untuk mengukuhkan eksistensi. Sebuah monolog yang berbobot banget. Sebenarnya, di sanalah inti cerita dari film ini bisa lo temukan.

4. Sarat Akan Sinematografi

Yang lebih mengesankan lagi adalah film ini sedari awal menawarkan sinematografi yang memukau. Sesekali lo bakalan melihat adegan dengan teknik Long Takes yang bikin lo yang nggak terbiasa pasti jadi bosen. Namun, seluruh pengambilan dengan teknik yang berbeda itu meiliki makna. Salah satunya adalah adegan di mana Rooney Mara duduk dan makan pie sebanyak-banyaknya karena mengetahui suaminya meninggal. Di sini, kita diajak oleh Lowery untuk turut merasakan duka yang sebenarnya sangatlah manusiawi.

ghostmaxresdefault.jpg

5. Sountrack Lagu yang Sendu

Selain pengambilan visual yang sangat sinematik, film ini juga memiliki soundtrack lagu yang cukup sendu. Digarap oleh, Daniel Hart yang juga membuat soundtrack dari film The Exorcist dan Pete’s Dragon, A Ghost Story menjadi semakin bikin lo mengiris hati, sedih dan berduka.

Sebuah perpaduan jalan cerita yang sedih, sinematografi yang memukau dan lagu yang menyayat hati terangkum semua di dalam film ini. Buat yang pengen baper berkualitas, nonton film ini gih!

Photo via imdb.com

Komentar