band of brothers covers

Currahee!!

Sejauh yang pernah gue tonton, HBO sering banget produksi serial-serial keren. Ya contohnya, Silicon Valley, Veep dan yang paling ditunggu-tunggu Game of Thrones. Beberapa waktu lalu, randomly gue nonton "Den of Thieves", ceritanya si pencuri duit di bank yang punya background militer, gue reflek bilang "wow" saat adegan dia ngasih tau cara pake senjata ke salah satu krunya. Dari nonton film tersebut temen gue tiba-tiba ngomong, "nanti nonton Band of Brothers yuk! Keren, senjata-senjataan juga. Film andalan gue, nggak ada yang ngalahin." Setelah dia meyakinkan gue kalo film ini bagus, akhirnya kita nonton.

band of brothers poster

Band of Brothers didistribusikan oleh HBO Home Entertainment pada tahun 2001. Miniseri ini terdiri dari 10 episode. Drama militer ini based on bukunya Stephen E. Ambrose, seorang American historian dan biographer dari buku U.S. Presidents Dwight D. Eisenhower dan Richard Nixon. Oke itu sesuatu. Dari situ gue punya poin film ini pasti otentik. Yang lebih bikin gue penasaran, miniseri ini dibuat sama dua orang yang udah makan asem, garem, kecut, paitnya dunia perfilman, ladies and gentleman I present you Mr. Steven Spielberg and Mr. Tom Hanks. Oke, gue percaya ini bakal bagus. Dan ternyata. IYA BAGUS BANGET. Tertanda dari gue, seorang cewek yang notabenenya suka nonton film, suka ngomongin film, punya grup whatsapp namanya "Nonton Yuk", dan curious dengan war drama. Review film ini bakalan nggak sekeren review-nya Candra Aditya, karena gue bukan anak film dan nggak pake bahasa-bahasa film yang gue nggak tau. Hehehe.

band of brothers 6

Gue bakalan ceritain garis besarnya aja sih, kalo perepisodenya, lo bisa nonton sendiri. Oke well, let's begin. Band of Brothers adalah sebuah miniseri yang didramatisasi dari "Kompi Easy", bagian dari Batalion ke-2, Resimen Infantri Parasut 506, yang ditugaskan ke Divisi Airborne Angkatan Darat ke-101 Amerika Serikat selama Perang Dunia II. Lebih dari sepuluh episode, miniseri menceritakan apa yang mereka alami dimulai dari pelatihan mereka di Camp Toccoa bareng Captain Herbert Sobel (David Schwimmer). Leader yang super nyebelin yang nggak tau baca peta. Pendaratan udara pertama di Normandia, Operation Market Garden, Pengepungan Bastogne, dan sampai ke akhir perang. Dalam series-nya juga ada adegan merebut Kehlsteinhaus (Eagle's Nes) di Obersalzberg, Berchtesgaden. Bisa dibilang Kompi Easy adalah garda terdepan. Orang-orang ini maju lebih dulu buat buka jalur, merebut benteng pertahanan, dll. Yup! "Easy" it's not easy as their name. Kalo lo nonton film "Saving Private Ryan", kira-kira mereka perang di situasi yang sama, bedanya mereka di Pantai Omaha. (In fact, Steven Spielberg dan Tom Hanks terlibat dalam film ini).

band of brothers 5

Dalam 10 episodenya, lo bakalan ikut terhanyut makin dalam karena setiap episodenya berfokus pada satu karakter. Tokoh sentral dan orang yang paling bikin gue tersentuh (ciiee) dengan gaya kepemimpinannya, adalah Mayor Richard Winters (Damian Lewis).

band of brothers 2band of brothers 4

Setelah pemimpin pengganti Sobel, tewas saat penerjunan pertama di Normadia, Winters musti ambil alih Easy. Ia menjaga pasukannya tetap bersama dan aman. Gue suka adegan Waktu Winters dipromosiin jadi Kapten dan mimpin seluruh batalion. Karena kerjanya nggak melulu di battle field, dia jadi worried sama anak buahnya. Dikit-dikit nanya, dan kasih advice supaya prajuritnya tetep aman. Hmmm, heartwarming banget.

Dan yang paling bikin hormon keperempuanan gue naik turun adalah ya ini tuh perang. Perang nggak mungkin nggak ada sedihnya. Serial ini didasarkan pada peristiwa bersejarah, nasib karakter mencerminkan orang-orang di mana mereka berada. Banyak yang meninggal atau menderita luka serius yang menyebabkan mereka dipulangkan. Begitu sembuh, mereka musti bergabung kembali dengan unit mereka di garis depan. Pengalaman mereka, rintangan moral, mental, dan fisik yang harus mereka atasi, merupakan pusat dari narasi. Gimana prajurit dari day one latihan bareng, senasib sepenanggungan, kalo lo diposisi mereka pasti bakalan sedih. Dan yang bikin gue makin sedih, semua tokoh yang digambarkan di dalam seri ini menceritakan langsung gimana rasanya berperang. Aaak! Tisu mane tisu!

band of brothers 3

band of brothers 1

Anyway, produksi, plot film ini awalnya dikembangkan oleh Tom Hanks dan Erik Jendresen. Terus Steven Spielberg akhirnya bergabung. Seperti yang gue bilang tadi, Spielberg sama Hanks pernah kerja bareng di "Saving Private Ryan". Mereka juga ngajak salah satu veteran asli dari Kompi Easy, Donald Malarkey, buat historic detail. Selain lewat Malarkey, untuk menjaga keakuratan sejarah mereka juga melakukan reset. Yang gue dapet dari wikipedia, mereka juga mengambil sumber dari salah seorang prajurit Kompi Easy, David Kenyon Webster, berupa sebuah memoar berjudul Parachute Infantry: An American Paratrooper's Memoir of D-Day and the Fall of the Third Reich. Selain itu ada Dale Dye, pensiunan Kapten Korps Marinir Amerika Serikat dan konsultan pada "Saving Private Ryan", serta dengan sebagian besar veteran yang masih hidup (seperti yang gue bilang tadi), termasuk Richard Winters, Bill Guarnere, Frank Perconte, Ed Heffron, dan Amos Taylor.

band of brothers 7

band of brothers 8

band of brothers 9

Salah satu yang bikin gue berucap "WOW" adalah budget produksiannya. Band of Brothers adalah miniseri termahal yang pernah diproduksi oleh HBO pada masa itu. Anggarannya sekitar 125 juta USD atau sekitar 12,5 juta USD per episodenya. Belom anggaran ininya itunya yang nggak bisa gue itung lagi pake kalkulator hape gue. Gue juga tepuk tangan sambil berdiri buat tim wardrobe sama propertinya. Simon Atherton, sang waepon master, Joe Hobbs salah satu perancang kostum yang bikin film ini makin berasa real. Wait, ada yang kurang. Film ini nggak akan tambah real, kalo set dan lokasinya nggak dibuat sedemikian rupa. Mereka mengambil lokasi Hatfield Aerodrome di Hertfordshire, Inggris. Lagi-lagi lokasi yang sama buat syuting "Saving Private Ryan". Salut buat set director karena bisa bikin Bastogne, Belgia; Eindhoven, Belanda; Carentan, Prancis; North Weald Airfield di Essex dalam satu lokasi yang sama.

Ya, akhirnya gue ngerti kenapa temen gue bilang kalo ini film andalan dia. Semua aspek dalam pembuatannya dipikirin banget. Menyentuh banget. Gue "si minim pengetahuan film perang" bisa suka dengan alur ceritanya. Coba lo tonton deh, dan kabarin ke gue ya, gimana pengalaman saat lo nonton.

 

Photo by HBO, Stephen Ambrose Historical Tours, rallypoint.com, Normandy Sightseeing Services, Fanpop, Imgur, MovieStillsDB.

Komentar