shoplifters 1

Tak hanya soal ikatan darah

 

Mendengar kata keluarga pasti kita langsung terpikirkan sosok ayah, ibu, anak-anak, kakek/nenek. Begitu juga dengan keluarga Shibata. Hanya aja, anggota keluarga Shibata tidak memiliki ikatan darah seperti keluarga pada umumnya. 

Keluarga Shibata terdiri dari Osamu Shibata (Lily Franky) seorang kuli dan juga pencuri toko handal. Nobuyo, istri dari Osamu, yang bekerja di laundry dan suka mencuri barang-barang yang ia temui di tempat kerjanya. Aki, remaja putri yang tinggal bersama mereka yang juga bekerja sebagi stripper. Shota, anak laki-laki yang Osamu ambil dari sebuah mobil. Dan keluarga tersebut hidup dari uang pensiun yang didapat dari Nenek yang tinggal bersama mereka.

Osamu mengajarkan Shota untuk membantunya mencuri di toko. Mencuri menjadi salah satu cara keluarga Shibata bertahan hidup.

Sampai suatu malam, sepulang mencuri Osamu dan Shota menemukan seorang anak perempuan yang kedinginan di luar sebuah rumah. Mereka pun membawa anak itu pulang ke rumah mereka yang kumuh.

shoplifters 2

Yuri, yang kemudian berubah nama menjadi Lin, pun menjadi bagian dari keluarga Shibata. Awalnya Shota merasa keberatan ketika Lin dilibatkan dalam kegiatan mencuri yang biasa dia lakukan dengan Osamu. Namun akhirnya Shota pun menerima keberadaan Lin. Dan keluarga Shibata pun menjadi terasa hangat.

Kemudian kedok keluarga Shibata pun ketahuan setelah Shota mengalami kecelakaan karena ketahuan mencuri di toko. Osamu dan Nobuyo diinterogasi oleh polisi. Sedangkan Lin kembali ke keluarga aslinya dan Shota masuk ke panti asuhan. Dalam penangkapan tersebut, Nobuyo pun ditahan sedangkan Osamu bebas. Namun keluarga Shibata tak lagi utuh.

shoplifters 3

Hubungan yang rumit antar anggota keluarga Shibata justru mengajarkan kita makna baru soal keluarga. Keluarga tak hanya soal ikatan darah, tapi juga ikatan emosional antara satu orang dengan orang yang lainnya. 

"Shoplifters" merupakan film karya Hirokazu Kore-eda. Film ini ditayangkan perdana pada 13 Mei 2018 di Cannes Film Festival. Tak hanya itu, film ini berhasil menjadi juara di Palme d'Or. "Shoplifters" dirilis di Jepang pada 8 Juni 2018 lalu dan menuai banyak pujian. Dan pekan lalu, film ini ditayangkan dalam Pekan Sinema Jepang. 

 

Foto: Vox, Indiewire, Film Inc

Komentar