coverreviewbumblebee.jpg

Ati-ati banjir gegara nangis di bioskop. 

Transformer emang bisa dibilang adalah film robot ngehits sepanjang dunia perfileman modern. Setelah 11 tahun menjadi ikon robot di hati masyarakat, kini Transformer menjajal hal baru dengan merili sebuah spin-off yakni Bumblebee. Film yang dirilis pertengahan Desember 2018 ini menceritakan tentang asal muasal autobot warna kuning yakni Bumblebee. Sebelum P! terusin kalimatnya, peringatan dikit nih ya, bakalan spoiler alert nih artikel. Kalau lo belum nonton, buruan nonton dulu biar nggak merasa terspoiler, hehe. 

Nah, balik lagi ya ke film Bumblebee. Lebih lengkapnya film ini bercerita tentang cewek abege bernama Charlie Watson yang diperankan sama Hailee Steinfeld. Selayaknya seorang remaja, Charlie mengalami galau dan lagi berusaha mencari jati diri.

charliebengkel.jpg

Charlie yang rupanya baru aja kehilangan ayahnya ini seneng banget buat ngebengkel. Ini adalah hobi yang diturunkan oleh ayahnya dan masih disukai oleh Charlie. Sampai pada akhirnya, hobi tersebut menghantarkan Charlie menemukan VW kodok yang udah tua banget di sebuah bengkel tempat dia part-time.  

bumblebeevwkodok.jpg

Tanpa Charlie sadari, ternyata VW kodok berwarna kuning tersebut adalah Bumblebee yang lagi menyamar dan bersembunyi dari pasukan milik Decepticon. Rasa penasaran Charlie makin gede setelah dia tahu kunci mobil VW tersebut ternyata menempel di mobil tersebut, langsung aja dinyalakanlah. Broooomm! Ternyata VW tersebut masih menyala dengan sempurna walau sebentar.

bumblebeetransformation.jpg

Sayangnya ketika VW kodok tersebut nyala, secara otomatis sinyal Bumblebee jadi nyala juga dan bisa dilacak oleh pasukan Decepticon yang mencarinya. Dari jarak jauh, pasukan Decepticon yakni Dropkick sekaligus Shatter udah menangkap sinyal keberadaan Bumblebee dan langsung meluncur ke Bumi. Nah, dari sini keadaan makin keruh karena ada pasukan Decepticon yang masuk ke Bumi dan bertindak semena-mena.

decepticonanakbuah.jpg

Bumblebee Terlihat Ramah dan Jalan Ceritanya Menyenangkan

Bisa dibilang Bumblebee ini cukup berbeda dengan franchise Transformer sebelumnya. Karena kalau yang terdahulu selalu berfokus dengan dominasi tokoh pria, kali ini kehadiran Charlie sebagai tokoh perempuan menjadikan film ini bisa dikatakan mengalami pelebaran gender, hehe. Jadi kalau Transfomer dulu identik sama cowok nih, sekarang yang cewek pun juga nggak bakalan ogah kalau nonton Bumblebee karena karakter Charlie yang merupakan remaja perempuan diangkat menjadi karakter utama di film ini.  

bumblebeehumble.jpg

Selain karakter Charlie di film ini, jalan cerita yang lebih menyenangkan dan karakter Bumblebee yang ramah banget ini menjadikan Bumblebee film yang sangat cocok ditonton oleh anak usia remaja awal. Jadi filmnya nggak kelihatan garang kayak Transformer gitu deh, seru banget! Yhaaa tetep ada pertarungan antar robot, tapi lo bakalan disuguhi drama dan heroik yang beradu menjadi satu. 

Referensi Latar Mengambil Tahun 80an

Bumblebee adalah franchise dari Transformer yang nggak digarap oleh Michael Bay. Film ini digarap oleh Travis Knight dan hadir dengan latar Transformer tahun 80an. Lo bisa lihat dari pemilihan style, musik, dan mobil penyamaran yang dipakai sama Bumblebee yakni VW kodok. Di awal scene lo bakalan disuguhi sama deretan lagu milik The Smiths yang merupakan lagu favorit dari Charlie. Lalu ada a-ha, Bon Jovi, hingga Tears for Tears yang mengisi deretan scoring di film ini. 

vwkodokbumblebee.jpg

Keterikatan Antar Tokoh

Jalan cerita yang dibangun dalam film ini emang gokil pas banget! Charlie yang merupakan abege dengan sebuah permasalahan hidup dan lagi mencari jati diri, dipertemukan dengan Bumblebee yang juga lagi ada masalah yakni menyelematkan Autobot sekaligus melindungi planet Bumi yang dipijaknya. Kedua karakter ini secara nggak langsung sama-sama memiliki masalah yang kudu diselesaikan, dan keduanya saling terikat banget melalui jalan cerita yang dramatis sekaligus heroik. Asli dehhh, ati-ati banjir di dalam bioskop, jangan lupa bawa tisu! Lo bakalan terharu banget sama kisah mereka berdua memperjuangkan apa yang lagi mereka perjuangankan satu sama lain. 

bumblebeedutch.jpg

Selain itu, ada juga tokoh yang diperankan oleh Jonh Cena yang kadang agak absurd sekaligus bikin terharu. Ngeselin, kan? Iya lo kudu nonton sendiri deh biar tahu akting doi gimana, hehe. 

bumblebeejohncena.jpg

Bumbleebee Bisa Menjadi Penawar Hati Fans Transformers

Franchise Transformers sempat mengalami kemunduran di tahun lalu karena banyak penggemar yang kecewa. Well, at least dengan film Bumblebee ini hati lo sebagai fans bisa sedikit terobati ya kecewanya, hehe. Yhaaa emang bukan yang paling bagus, tapi setidaknya Bumblebee bisa berdiri dan menyelamatkan para autobot lainnya secara nggak langsung. Buat lo yang belum nonton, ajak gih temen-temen atau siapa gitu penggemar mecha buat nonton ini bareng lo. Jangan lupa tulis pendapat kalian tentang film ini di kolom komen, ya. 

Photo via IMDB

Komentar