swing kids poster

Sukses juga bikin mood swing!!

 

Sampai saat ini, P! berpendapat bahwa perang lebih banyak membawa dampak negatif buat manusia ketimbang dampak positif. Kelaparan, kehilangan keluarga, kebencian, dan lain sebagainya. Sekelompok manusia akan merasa lebih dibandingkan manusia lainnya.

Itulah gambaran yang juga P! tangkap dalam film "Swing Kids". Film Korea ini disutradarai oleh Kang Hyeong-cheol. Dan diperankan oleh Do Kyung-soo (D.O EXO), Park Hye-su, Jared Grimes, Oh Jung-se, dan Kim Min-ho.

"Swing Kids" berlatarkan di sebuah kamp penjara Geoje selama Perang Korea di tahun 1951. Ro Ki-soo (Do Kyung-soo) adalah seorang prajurit Korea Utara yang sangat mencintai negara dan ideologi bangsanya. Ia jatuh cinta pada tarian tap, ketika melihat seorang tentara Amerika Serikat, Jackson(Jared Grimes) menari di hall kamp.

swing kids1

Jackson diminta untuk membuat grup tari untuk menghibur tawanan di kamp. Ki-soo pun bergabung meski awalnya ia menolak dan gengsi untuk bergabung. Di grup tari tersebut, Ki-soo pun bertemu dengan Kang Byung-sam (Oh Jung-se), tahanan dari Korea Selatan yang berharap bisa menemukan sang istri, Xiao Pang (Kim Min-ho), seorang prajurit Tiongkok yang berbakat namun kelebihan berat badan, dan Yang Pan-rae (Park Hye-su), seorang gadis yang berusaha mencari uang untuk menghidupi keluarganya.

Awalnya Ki-soo mengalami pergulatan batin, di mana tari tap dianggap sebagai tarian Amerika yakni musuh negaranya, Korea Utara. Ia tak ingin mengkhianati negara dan ideologinya. Namun di sisi lain, ia begitu tergila-gila dengan tari tap.

http://bigspoonkyungsoo.tumblr.com/post/180275716848/swing-kids-2018

Tak hanya itu, pemberontakan dari kubu Ki-soo pun menjadikan ia semakin dilematis. Lewat tarian, ia jadi berteman dengan anggota tim lainnya, meskipun memiliki keterbatasan bahasa. Ikatan pertemanan dalam tim tersebut lambat laun menguat.

Dari awal hingga pertengahan film, kita diajak turut menari. Setiap tim tari besutan Jackson latihan, penonton pun jadi ikutan menari, meski hanya hentakan kaki aja.

Salah satu adegan favorit P! ketika Pan-rae dan Jackson duduk berdua di sebuah saung. Pan-rae mengeluhkan keadaan di mana orang-orang terbagi dalam kubu-kubu ideologi dan merasa paling benar atas yang lainnya. Eh kayak yang lagi terjadi di Indonesia belakangan ini ya?!

Akhir film ini menurut P! agak nggak terduga. Mau dikasih tau, jangan? Jangan lah ya. Huehehe biar lo nonton langsung di bioskop.

swing kids korean movie p2

Setelah nonton "Swing Kids", P! makin percaya bahwa perang lebih banyak dampak negatif daripada positif. Daripada perang, ya mending nari.

Oh ya, siapin tissue ya pas nonton. Jaga-jaga siapa tau nanti lo mewek. XIXIXI.

Komentar