miss baek

Juga upaya memutus 'rantai' kekerasan terhadap anak

 

Kehidupan manusia nggak bakal lepas dari masa lalunya. Meski begitu, masa lalu seseorang nggak bisa menjamin bagaimana ia bersikap di masa sekarang dan masa depannya kelak.

Inilah yang dialami oleh Baek Sang-A (Han Ji-min). Perempuan muda ini pernah mengalami kekerasan oleh sang ibu (Jang Young-Nam). Ia pun tumbuh dan besar di panti asuhan. Sampai kemudian di masa remajanya ia terpaksa melukai seseorang yang melakukan pelecehan terhadapnya..

Catatan kriminal yang ia dapatkan tak bisa lepas begitu saja. Meski kejadian tersebut terjadi di masa lalu sekalipun. Hanya ada satu orang yang tak peduli dengan catatan kriminal yang melekat pada Baek Sang-A, yakni petugas polisi yang menangani kasusnya dulu, Jang-sub.

miss baek 2

Baek Sang-A pun hidup dibayangi masa lalunya. Sampai kemudian ia mendapat kabar bahwa sang ibu meninggal dunia. Ia tumbuh dalam kebencian terhadap sang ibu.

Suatu hari, Baek Sang-A melihat seorang anak kecil duduk di depan toko di malam yang dingin. Meski ia memiliki hati yang dingin, ia pun mengajak sang anak, Kim Ji-eun (Kim Shi-A) untuk makan. Sampai kemudian Ji-eun dijemput oleh seorang wanita, Joo Mi-kyung (Kwon So-hyun). Dari situ Baek Sang-A menyadari Ji-eun tidaklah hidup selayaknya anak-anak. Tubuhnya dipenuh lebam dan luka.

miss baek 3

Sejak malam itu, Baek Sang-A memikirkan Ji-eun. Keduanya pun bertemu lagi dan mereka jalan-jalan ke taman bermain hingga ke pantai. Baek Sang-A juga membelikan Ji-eun pakaian baru. Namun Baek Sang-A tak ingin membawa Ji-eun pulang. Begitu mengantar Ji-eun pulang, Baek Sang-a melihat sendiri Ji-eun disiksa oleh ayah dan pacar ayahnya. Ia pun melaporkan hal tersebut. Namun karena catatan kriminalnya justru ia yang dicurigain oleh polisi.

Baek Sang-a pun berencana untuk pindah ke kota lain. Ia ingin memulai hidup baru. Namun pikirannya tertuju pada Ji-eun. Dan Ji-eun pun berusaha kabur dari rumahnya.

Keduanya pun akhirnya bersembunyi. Baek Sang-A berjanji akan melindungi Ji-Eun. Dan Ji-eun pun akan melindungi Baek Sang-A.

"Miss Baek" merupakan film Korea yang ditulis dan disutradarai oleh Lee Ji-Won. Film ini dirilis pada 11 Oktober 2018 lalu.

Film ini menunjukan bahwa kekerasan terhadap anak merupakan sebuah lingkaran setan. Ayah Ji-eun semasa kecil pun mengalami kekerasan. Dan begitu ia memiliki anak, ia pun mengulangi kekerasan tersebut pada sang anak. Butuh upaya keras untuk kita memutuskan lingkaran setan kekerasan tersebut.

Film ini juga mengajari kita bahwa masa lalu seseorang tak selamanya sama dengan orang tersebut di masa sekarang ataupun masa depan. Tiap orang memiliki kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik sekelam apapun masa lalunya.

Film ini cocok buat lo yang suka dengan "Silenced" yang diperanin oleh Gong Yo. Sama mengharukannya. Sama menyentuhnya.

Jadi, langsung aja ditonton!!!

Komentar