weathering with you

But love always find a way

 

Makoto Shinkai kembali lagi dengan anime terbarunya yang berjudul "Weathering with You". Anime yang tayang di Indonesia sejak 21 Agustus lalu ini berhasil menarik perhatian banyak pencinta anime.

Weathering with You berkisah tentang seorang pemuda bernama Hodaka Morishima yang memutuskan untuk kabur dari rumahnya di desa terpencil di Shikoku. Ia berniat untuk memulai hidupnya sendiri di Tokyo. Namun perjalanannya di Tokyo diiringi dengan hujan deras berkepanjangan.

Sesampainya di Tokyo, Hodaka berusaha mencari pekerjaan. Namun statusnya sebagai pelajar SMA dan belum memiliki identitas membuatnya kesulitan. Dalam keputusasaannya, seorang gadis bernama Hina memberikannya sebuah burger untuknya.

Hingga akhirnya ia pun bekerja dengan seorang pria yang ditemuinya di kapal, Keisuke. Hodaka pun bekerja sebagai asisten Keisuke sekaligus membantu pria itu menulis artikel untuk majalah. Kebetulan mereka tengah mencari "Gadis Matahari", seseorang yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan cuaca.

Hodaka kembali bertemu dengan Hina Amano, kali ini ia berusaha membantu Hina yang hendak bekerja di klub. Sejak saat itu mereka jadi dekat dan Hina membantu Hodaka untuk menikmati Tokyo dalam cuaca cerah. Hodaka pun menyadari Hina adalah si Gadis Matahari.

Dari kedekatan itu, keduanya pun membuka usaha bersama dari kemampuan Hina. Jasa Hina untuk mengatur cuaca mendatangkan keuntungan.

Namun setiap tindakan selalu diikuti konsekuensi. Kemampuan Hina tidaklah gratis. Konsekuensi terhadap alam pun menantinya. Selain itu, orang tua Hodaka mencari Hodaka yang kabur.

Hina pun mengorbankan dirinya untuk menghentikan hujan berkepanjangan meski ia harus menerima konsekuensinya yakni menghilang dari dunia. Di tengah kejaran polisi yang mencarinya, Hodaka berusaha mengembalikan Hina meskipun cuaca akan kembali kacau.

Oke. Stop di situ ya ceritanya. Kalo dilanjutin takut spoiler. Selanjutnya kita ngebahas film ini secara keseluruhan ya?!

Secara garis besar anime ini merupakan kisah cinta muda-mudi. Cerita ini dilengkapi dengan bagaimana mereka berupaya bertahan di tengah cuaca yang (dianggap) tidak bersahabat. But love always find a way yaa. (EH! Spoiler wkwkwk)

Sepanjang film kita akan dimanjakan oleh visual yang apik khas Makoto Shinkai. Dan seperti biasa, anime ini pun menyisipkan budaya/tradisi Jepang dengan penuturan dan penggambaran yang apik. Hal ini membuat kita (bukan orang Jepang) tetap mengerti meski tidak memahami betul budaya tersebut.

Di sisi lain, kita nggak bisa melepaskan diri dari keapikan anime Makoto Shinkai sebelumnya, "Your Name". Kita bakal mencari-cari sisi magis dari anime ini. FYI, dalam Weathering with You, ada Taki Tachibana dan Mitsuha Miyamizu lohh. Meskipun hanya sebentar, penampilan dua tokoh dari anime Your Name ini berhasil bikin se-bioskop uwuwuw~ ber-jamaah.

Meski ini terkesan tak adil, kita (atau mungkin hanya penulis) membandingkannya dengan Your Name. Secara visual sama memuaskannya. Namun dari segi cerita agak kurang berkesan alias kurang menyentuh dibandingkan Your Name.

Oh yaa yang menarik dan berkesan dari film ini salah satunya adalah soundtrack-nya! RADWIMPS kembali didaulat untuk mengisi soundtrack anime ini. Lagu-lagu dari RADWIMPS pun mendukung nuansa magis, sedih, penuh cinta dan segala perasaan lainnya yang tertuang dari film ini. 

Terlepas dari situ, Weathering with You, menurut P! patut banget ditonton di bioskop. Apalagi buat yang kangen sama visualnya Makoto Shinkai. Wajib banget sih buat nonton. Atau kamu sudah nonton? Coba tulis dong pendapatmu di kolom komentar!

Komentar